DetikNews
Kamis 12 April 2018, 18:07 WIB

Lempar Botol ke Wajah Manajer, Putri Bos Korean Air Minta Maaf

Novi Christiastuti - detikNews
Lempar Botol ke Wajah Manajer, Putri Bos Korean Air Minta Maaf Cho Hyun-Min (Korea Joongang Daily)
Seoul - Putri bos maskapai Korean Air Lines menjadi sorotan karena perilaku kasarnya. Dia melemparkan botol air mineral ke wajah salah satu manajer perusahaan iklan yang disewa maskapai penerbangan Korea Selatan (Korsel) itu. Dia telah menyampaikan permohonan maaf atas 'perilaku konyol' yang dilakukannya itu.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (12/4/2018), Cho Hyun-Min yang menjabat sebagai Senior Wakil Presiden Korean Air merupakan anak bungsu CEO Korean Air, Cho Yang-Ho. Perilaku kasar Cho Hyun-Min diungkapkan oleh media-media lokal Korsel pekan ini.

Salah satunya, surat kabar Kookmin Ilbo yang mengutip postingan anonim pada aplikasi ponsel Blind, yang menyebut insiden berawal saat Cho marah ketika manajer perusahaan iklan itu tidak mampu menjawab sebuah pertanyaan.


Cho disebut melemparkan sebotol air mineral ke dinding. Lalu satu botol lainnya dilemparkan ke wajah si manajer yang tidak disebut namanya. Rincian insiden itu tidak bisa diverifikasi secara independen oleh Reuters. Tidak diketahui pasti kapan insiden itu terjadi.

Namun dalam postingan Facebook miliknya, Cho yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif pada maskapai bujet Jin Air ini, menyebut perilakunya tidak bisa diterima. Cho menyebut perilakunya 'konyol dan sembrono' tanpa menjelaskan lebih lanjut perilaku yang dimaksud.

"Meskipun saya memiliki kecintaan besar pada periklanan, jauh lebih penting untuk memiliki rasa hormat dan apresiasi terhadap orang lain," tulis Cho dalam postingan itu. "Jadi ini merupakan kesalahan besar saya ketika saya tidak mampu menahan perasaan saya," imbuhnya.

Disebutkan juga oleh Cho bahwa dirinya telah meminta maaf kepada para pejabat juga manajer tersebut.


Dalam pernyataan terpisah, juru bicara Korean Air Lines menyebut botol air mineral itu dilemparkan ke lantai, bukan ke wajah manajer periklanan. "Dalam rapat, dia (Cho-red) menganggap jawaban manajer itu tidak cukup, jadi dia melemparkan botol air minum ke lantai, bukan ke wajah manajer," ujar seorang juru bicara Korean Air Lines kepada Reuters.

Akibat insiden ini, saham Korean Air turun di angka 6,55 persen dan saham Jin Air juga turun di level 3,99 persen saat penutupan bursa Korsel hari ini.

Insiden semacam ini bukan yang pertama di keluarga CEO Korean Air. Tahun 2014 lalu, kakak Cho, Heather, marah karena disuguhi kacang macadamia dalam kantong bukan dalam piring hidangan saat duduk di penerbangan kelas satu. Saat itu, dia meminta salah satu pramugari diturunkan sebelum pesawat lepas landas. Akibat insiden itu, Heather didakwa melanggar undang-undang penerbangan dan sempat divonis 1 tahun penjara sebelum diperingan menjadi hukuman percobaan 10 bulan.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed