Penilaian Razia 80 Gedung Bakal Dibuka, Anies: Hasilnya Not Good

Marlinda Oktavianti Erwanti - detikNews
Minggu, 08 Apr 2018 13:04 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan (Marlinda/detikcom).
Jakarta - Razia kepatuhan terhadap 80 gedung tinggi terkait penyediaan sumur resapan, penggunaan air tanah, dan pengolahan air limbah telah selesai dilakukan Pemprov DKI. Rencananya, hasil dari razia tersebut akan diumumkan pekan depan.

"Sudah lengkap, belum kemarin karena padat aja. Minggu depan deh. Selasa (10/4) mungkin," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Bumi Perkemahan Cibubur, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (8/4/2018).



Dari pemeriksaan yang telah dilakukan tim pengawas, Anies menyebut hasilnya mengecewakan. Namun, dia enggan membeberkan berapa persen dari 80 gedung tinggi yang tidak sesuai dengan standar.

"Not good (tidak bagus)," kata Anies



"Jangan persen saya enggak inget. Tapi laporannya lengkap udah," tambahnya.

Anies juga enggan membeberkan pelanggaran apa yang mendominasi dari pemeriksaan tersebut.

"Harus lihat detilnya ya. Sudah jadi sih, Selasa aja saya kasih. Sudah jadi. Sudah ya," kata Anies.



Sebelumnya, untuk menyetop tergerusnya tanah di Jakarta Anies bersama tim pengawas terpadu yang dibentuknya dari beberapa dinas terkait melakukan razia sumur resapan hingga instalasi pengelolaan limbah terhadap gedung-gedung tinggi di Jakarta. Targetnya, dalam waktu dua pekan sejak tanggal 12 sampai 21 Maret 2018 ada 80 gedung yang akan dicek.

"Jumlahnya ada lima tim yang kemudian kalau dijumlah keseluruhan ada sekitar 50-an. 50 Orang ini mewakili 10 juta penduduk di Jakarta yang mengharapkan Jakarta airnya digunakan lebih baik," kata Anies di Intiland Tower, Jl Jend Sudirman 32, Jakarta Pusat, Jumat (16/3/2018) lalu.

(dnu/dnu)