detikNews
Selasa 20 Maret 2018, 10:47 WIB

Sekolah di Ghouta Timur Dihantam Rudal, 15 Anak-anak Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sekolah di Ghouta Timur Dihantam Rudal, 15 Anak-anak Tewas kondisi Ghouta Timur (Foto: Reuters)
Damaskus - Serangan rudal terhadap sebuah sekolah di Ghouta Timur, Suriah dilaporkan menewaskan 15 anak-anak dan dua wanita. Saat kejadian, para korban tengah berlindung dari serangan-serangan udara di ruang bawah tanah sekolah tersebut.

Kelompok pemantau HAM Suriah, Observatorium HAM Suriah menyatakan, serangan tersebut dilancarkan di Arbin, kota utama di Ghouta Timur, kawasan di pinggiran Damaskus yang dikuasai pemberontak dan gencar digempur pasukan pemerintah Suriah belakangan ini.


"Tiga rudal dari serangan udara tunggal mengenai sekolah tersebut, yang lantai bawah tanahnya digunakan sebagai tempat perlindungan," ujar Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium HAM Suriah seperti dikutip kantor berita AFP, Selasa (20/3/2018).

"Para pekerja penyelamat masih mencari korban-korban selamat," imbuhnya.

Menurut Observatorium yang mengidentifikasi serangan-serangan udara berdasarkan pola penerbangan, munisi yang digunakan dan pesawat, serangan udara pada Senin (19/3) malam tersebut diduga dilakukan oleh pesawat tempur Rusia.


Sebelumnya, pemerintah Rusia telah menyatakan bahwa militernya membantu pasukan pemerintah Suriah untuk memerangi para pemberontak di Ghouta Timur. Namun Rusia membantah melakukan serangan-serangan udara terhadap warga sipil.

Sejak 18 Februari lalu, pasukan Suriah dan milisi-milisi sekutunya telah melancarkan serangan darat dan udara untuk mengusir para pemberontak dari Ghouta, yang berasa persis di sebelah timur Damaskus. Mereka telah berhasil merebut kembali lebih dari 80 persen wilayah yang sebelumnya dikuasai pemberontak.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com