DetikNews
Kamis 20 Apr 2017, 14:40 WIB

China Kritik Korut dan Puji AS Soal Isu Nuklir

Novi Christiastuti - detikNews
China Kritik Korut dan Puji AS Soal Isu Nuklir Ilustrasi (ebcitizen.com)
Beijing - Otoritas China tampaknya sedang kesal dengan retorika keras soal nuklir yang dilontarkan sekutunya, Korea Utara (Korut). Akhir-akhir ini, negeri tirai bambu ini agak condong dan memuji Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir CNN, Kamis (20/4/2017), juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang, menyatakan China 'sangat mengkhawatirkan' aktivitas rudal dan nuklir Korut beberapa waktu terakhir. Pernyataan China itu disampaikan sehari setelah Wakil Menteri Luar Negeri Korut menyatakan negara itu akan menggelar uji coba rudal setiap minggu dan menggunakan senjata nuklir jika merasa terancam.

Baca juga: Citra Satelit Deteksi Permainan Voli di Tempat Uji Nuklir Korut

Dalam konferensi pers yang sama, Lu Kang memuji pernyataan-pernyataan AS soal isu-isu Korut.

"Para pejabat Amerika menyampaikan pernyataan positif dan membangun... seperti menggunakan cara damai yang mungkin dilakukan untuk menyelesaikan isu nuklir Semenanjung (Korea)," sebut Lu.

"Ini mewakili arah utama yang kami yakini benar dan harus dicapai," imbuhnya.

Baca juga: Trump Puji China Atas Bantuan dalam Menekan Korut

Arah yang disebut China itu tidak terlihat dari pemimpin Korut. Televisi nasional Korut menayangkan video propaganda yang menunjukkan serangan rudal yang membuat AS terbakar api.

Wakil Menlu Korut, Han Song-Ryol, melontarkan retorika keras dalam wawancara dengan media Inggris BBC baru-baru ini. "Jika Amerika Serikat cukup ceroboh untuk menggunakan cara militer, itu berarti sejak hari itu akan terjadi perang sekuat tenaga," tegas Han.

Lu Kang menyebut pernyataan ngotot Korut itu tidak membantu situasi. "China secara tegas menentang setiap kata-kata maupun aksi yang akan memperluas permusuhan dan ketegangan," ucap Lu Kang.

Baca juga: Pentagon Akan Gelar Uji Coba Tembak Jatuh Rudal Korut

Terkait program nuklir Korut, Lu Kang menegaskan kembali posisi keras China secara terang-terangan. "Posisi China dalam menentang kemampuan nuklir (Korut) sudah tegas, jelas dan konsisten," tandasnya.


(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed