DetikNews
Rabu 19 April 2017, 16:57 WIB

Citra Satelit Deteksi Permainan Voli di Tempat Uji Nuklir Korut

Novi Christiastuti - detikNews
Citra Satelit Deteksi Permainan Voli di Tempat Uji Nuklir Korut Ilustrasi (AFP)
Pyongyang - Para pengamat Amerika Serikat (AS) terkejut saat mendapati citra satelit menunjukkan aktivitas tak biasa di tempat uji coba nuklir Korea Utara (Korut). Ternyata, permainan voli terdeteksi sedang digelar di area yang sebelumnya diprediksi akan menggelar uji coba nuklir.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (19/4/2017), para pengamat AS tersebut pekan lalu meramalkan Korut akan menggelar uji coba nuklir dalam waktu dekat. Namun citra satelit terbaru menunjukkan aktivitas berbeda.

Dengan spekulasi yang beredar di tengah ketegangan antara Korut dengan AS, para pengamat memperkirakan mereka akan menyaksikan aktivitas semacam persiapan untuk ledakan bawah tanah di tempat uji coba nuklir Punggye-ri.

Baca juga: Korut Buka Opsi 'Lakukan Serangan Nuklir' terhadap AS

Foto citra satelit yang diambil oleh satelit komersial pada Minggu (16/4) waktu setempat, menunjukkan permainan voli sedang berlangsung di beberapa lokasi berbeda di fasilitas itu. Para pengamat AS tidak berharap melihat foto-foto semacam ini di tempat uji coba nuklir Korut.

"Kami melihat bahwa di tiga lokasi yang ada di fasilitas tersebut -- di area administratif utama, di area pendukung, di pusat komando dan di barak penjaga dekat pusat komando -- mereka juga sedang menggelar permainan bola voli," terang Joe Bermudez, pakar Korut dari 38 North, kelompok independen pemantau Korut yang berbasis di AS.

Lebih lanjut, Bermudez memberikan dua penjelasan, yakni tempat uji coba nuklir sedang dalam 'mode standby' atau permainan voli sengaja dilakukan untuk membuat bingung para pengamat. Korut diduga menyadari bahwa tempat uji coba nuklir Punggye-ri terus diamati dunia.

"Itu menunjukkan bahwa fasilitas tersebut mungkin sedang dalam mode standby. Itu juga menunjukkan bahwa permainan bola voli ini dilakukan dengan Korut menyadari bahwa kita sedang mengamati dan melaporkannya. Mereka sedang mengirimkan pesan kepada kita bahwa mereka menempatkan fasilitas dalam mode standby, atau mereka berusaha mengelabui kita," terangnya seperti dilansir AFP.

Baca juga: Kapal Induk AS Ternyata Masih Jauh dari Semenanjung Korea

Punggye-ri merupakan kompleks infrastruktur uji coba dengan banyak terowongan yang terletak di kawasan pegunungan Korut bagian timur laut. Pekan lalu, 38 North menyebut tempat uji coba nuklir itu dalam keadaan 'matang dan siap' untuk menggelar uji coba nuklir ke-6. Diduga kuat, uji coba itu akan digelar saat Korut memperingati hari kelahiran pendiri negara mereka, Kim Il-Sung.

Namun ternyata hingga kini, uji coba nuklir tidak juga digelar. Korut hanya menggelar uji coba rudal pada Minggu (16/4), yang berujung kegagalan setelah rudal meledak di udara.


(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed