DetikNews
Rabu 21 Desember 2016, 17:17 WIB

Usai Penangkapan Teroris di Tangsel, Australia Imbau Warganya Waspada

Novi Christiastuti - detikNews
Usai Penangkapan Teroris di Tangsel, Australia Imbau Warganya Waspada Ilustrasi
Canberra - Pemerintah Australia kembali merilis imbauan perjalanan bagi warganya yang ada di wilayah Indonesia. Imbauan perjalanan ini terkait penangkapan teroris yang baru saja terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

"Otoritas Indonesia terus melakukan penangkapan teroris yang diduga telah mencapai tahap mendekati akhir dalam perencanaan serangan," demikian pernyataan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) via situsnya, seperti dikutip detikcom, Rabu (21/12/2016).

"Tingkat ancaman teroris di Indonesia masih tinggi. Serangan teroris bisa terjadi di mana saja dan kapan saja di Indonesia, termasuk Bali," imbuh DFAT dalam pernyataan yang dirilis pada 21 Desember 2016 itu.

Baca juga: Teroris di Deli Serdang Kelompok Katibah Gonggong Rebus Jaringan Bahrun Naim

DFAT mengimbau setiap warga Australia yang ada di Indonesia untuk tetap siaga dan waspada tinggi. "Terutama sekali waspada selama masa Natal dan Tahun Baru karena perkumpulan warga negara Barat bisa menjadi target," imbuh DFAT.

Dalam pernyataannya, DFAT juga menyatakan belum ada perubahan level imbauan perjalanan atau travel advisory untuk wilayah Indonesia.

Bagi otoritas Australia, Indonesia masuk dalam tingkat 'high degree of caution' atau 'kewaspadaan tingkat tinggi', yang merupakan level kedua dari total empat level dalam tahapan travel advisory Australia. Level ini berarti ada risiko besar di lokasi tertentu yang menjadi tujuan imbauan perjalanan.

Baca juga: Terduga Teroris Tangsel Direkrut di LP Cipinang oleh Jaringan Dulmatin

Untuk level 'kewaspadaan tingkat tinggi' ini, otoritas Australia tidak melarang warganya pergi ke lokasi itu, namun meminta adanya pantauan khusus terhadap ancaman yang mungkin muncul dan mengambil langkah-langkah pencegahan. Dalam level ini, warga Australia juga diminta aktif memantau media dan sumber-sumber lain soal potensi ancaman keamanan.

"Tingkat keseluruhan untuk imbauan (perjalanan) tidak berubah. Kami menyarankan kepada Anda untuk menerapkan kewaspadaan tingkat tinggi di Indonesia, termasuk Bali," terang DFAT.

Imbauan perjalanan ini dikeluarkan Australia setelah Densus 88 melakukan penggerebekan dan penangkapan terduga teroris di tiga lokasi berbeda, yakni Deli Serdang di Sumatera Utara, Paya Kumbuh di Sumatera Barat dan Babakan, Setu di Tangerang Selatan hari ini.

Baca juga: 2 Teroris di Sumatera Terkait Kelompok Perencana Teror Marina Bay


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed