ADVERTISEMENT

Ratusan Gadis Nigeria Diculik Boko Haram, AS Kirim Tim Militer dan Polisi

- detikNews
Rabu, 07 Mei 2014 12:10 WIB
Washington, - Pemerintah Amerika Serikat akan mengirimkan satu tim ahli militer dan kepolisian ke Nigeria untuk membantu menemukan lebih dari 200 pelajar putri yang diculik. Mereka diculik oleh kelompok militan Boko Haram sejak tiga pekan lalu.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (7/5/2014), dirinya telah menyampaikan tawaran untuk mengirimkan tim tersebut dalam percakapan telepon dengan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan. Pemimpin Nigeria itu pun menyambut tawaran tersebut.

Washington juga telah menawarkan untuk membentuk unit koordinasi di kedutaan AS di Abuja, ibukota Nigeria yang akan terdiri dari personel militer AS, pejabat-pejabat penegakan hukum serta para pakar mengenai situasi penculikan.

"Presiden Goodluck Jonathan sangat senang menerima tawaran ini dan siap menindaklanjutinya segera," tutur Kerry kepada para wartawan.

Sebelumnya, para anggota parlemen AS telah mendesak pemerintah AS untuk melakukan segenap upaya guna membantu membebaskan ratusan siswi Nigeria yang diculik.

Sebanyak 223 pelajar putri diculik sejak tiga pekan lalu dari sekolah berasrama mereka di Chibok, Nigeria utara. Para gadis tersebut berumur 16 hingga 18 tahun. Kelompok militan Boko Haram mengancam akan menjual anak-anak perempuan itu sebagai "budak".

"Saya menculik anak-anak perempuan kalian," cetus pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau dalam video berdurasi 57 menit seperti diberitakan kantor berita AFP.

"Saya akan mengulangi ini: pendidikan Barat harus dihapuskan. Saya menculik anak-anak perempuan kalian. Saya akan menjual mereka di pasar, demi Allah," imbuh Shekau.

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT