Pria Texas Dihukum Mati karena Bunuh Ibunya 2 Dekade Lalu

ADVERTISEMENT

Pria Texas Dihukum Mati karena Bunuh Ibunya 2 Dekade Lalu

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 11:22 WIB
Ilustrasi Kasus Yusman Telaumbanua
Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono
Jakarta -

Pria di Texas, Amerika Serikat bernama Tracy Beatty (61) dieksekusi mati karena membunuh ibunya pada 20 tahun lalu. Beatty dihukum mati di sebuah penjara di Kota Huntsville.

Dilansir AFP, Kamis (10/11/2022), Departemen Peradilan Pidana Texas mengatakan Beatty dinyatakan meninggal pada sekitar pukul 18.39 waktu setempat. Beatty sendiri dijatuhi hukuman mati pada tahun 2004, lantaran mencekik sang ibu, Carolyn Click (62), hingga meninggal dunia.

Menurut dokumen pengadilan, mereka berdua memang tinggal bersama walaupun memiliki hubungan yang tidak stabil dan agresif. Sang ibu bahkan sempat meminta Beatty hengkang sebelum sang ibu dicekik sampai mati.

Jelang eksekusi ini, pengacara Beatty sempat mengajukan banding terakhir. Alasannya yakni Beatty mengalami keterbelakangan mental.

Dua bulan sebelum eksekusi mati, ada dokter yang menemui Beatty namun tidak bisa melakukan pemeriksaan. Hal ini lantaran otoritas penjara tidak memperbolehkan borgol Beatty dibuka.

Mahkamah Agung AS menegaskan jika seorang yang mengalami gangguan mental dieksekusi mati itu inkonstitusional. Hal ini karena orang tersebut tidak paham dengan hukuman yang diberikannya.

Pada akhirnya, tak ada intervensi terhadap eksekusi mati tersebut. Beatty tetap dieksekusi mati dengan suntikan yang mematikan.

Beatty merupakan terpidana mati ke-13 yang dieksekusi di AS sejak awal tahun ini. Di Texas, Beatty merupakan yang terpidana mati keempat.

(azh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT