ADVERTISEMENT

Finlandia Beritahu Gabung Nato, Begini Respons Putin

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 03:26 WIB
Perang Ukraina: Uni Eropa minta warganya kerja dari rumah demi kalahkan Putin
Foto: Putin (BBC Magazine)
Jakarta -

Presiden Finlandia Sauli Niinisto memberitahu Presiden Rusia, Vladimir Putin bahwa negaranya akan bergabung dengan NATO. Hal itu disampaikan Niinisto ke Putin, Sabtu (14/5) waktu setempat.

Kantor Kepresidenan Finlandia menyampaikan pemberitahuan itu disampaikan Niinisto melalui panggilan telepon. Menurut Niinisto menghindari ketegangan sangat penting.

"Pembicaraan dilakukan dengan tegas. Menghindari ketegangan dianggap penting," kata Niinisto dilansir AFP, Minggu (15/5/2022).

Namun, Kremlin menanggapi dengan mengatakan bahwa Putin memandang bergabungnya Finlandia dengan NATO adalah penghentian netralitas militer Finlandia yang dinilai sebagai kesalahan. Sebab menurut Putin, tidak ada ancaman terhadap keamanan Finlandia.

"Putin menekankan bahwa akhir dari kebijakan tradisional netralitas militer akan menjadi kesalahan karena tidak ada ancaman terhadap keamanan Finlandia," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Perubahan dalam orientasi politik negara seperti itu dapat berdampak negatif pada hubungan Rusia-Finlandia yang dikembangkan selama bertahun-tahun dalam semangat bertetangga yang baik dan kerja sama antar mitra," tambah Kremlin.

Finlandia diperkirakan akan secara resmi mengumumkan tawaran keanggotaan NATO pada hari Minggu. Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto mengatakan sangat penting bagi negaranya untuk melakukan komunikasi dengan negara tetangga.

"sangat penting bagi kita untuk berkomunikasi dengan tetangga kita, sekali pun jika kita tidak meminta izin apa pun untuk langkah politik kita," ucapnya.

Saksikan Juga Video Sosok Minggu Ini: Kisah Kak Toto, Terangi Jalan Anak Autis Dengan Lukisan

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT