Peringatan Tsunami Berlaku di Pantai Barat AS dan Banjir di Hawaii

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 15 Jan 2022 23:03 WIB
The Tonga Meteorological Services said a tsunami warning had been put in force for all of Tonga.(Supplied: Dr Faka’iloatonga Taumoefolau)
Terjangan gelombang tsunami di area pesisir Tonga (Foto: Supplied: Dr Faka'iloatonga Taumoefolau via abc.net.au)
Jakarta -

Peringatan tsunami diberlakukan untuk wilayah Pantai Barat AS. Peringatan ini diberlakukan usai erupsi gunung api bawah laut di Tonga.

Dilansir AFP, Sabtu (15/1/2022) peringatan tsunami ini disampaikan oleh layanan cuaca setempat. Selain peringatan tsunami, peringatan banjir di Hawaii juga diberlakukan.

Sementara itu, dilansir CBSNews, Pusat Peringatan Tsunami Nasional Layanan Cuaca Nasional mengatakan beberapa dampak diperkirakan akan terjadi.

"Tsunami telah dikonfirmasi dan beberapa dampak diperkirakan terjadi," tuturnya.

Menurut pusat peringatan, peringatan tsunami berlaku untuk area yang membentang dari California selatan ke Alaska.

Di Alaska, aktivitas tsunami diperkirakan akan dimulai pada pukul 6 pagi waktu setempat. Fort Bragg California diperkirakan akan melihatnya mulai pukul 7:35, dengan Bay Area melihat aktivitas kemudian, pukul 8:10 pagi. Di Washington, gelombang diperkirakan akan menghantam Long Beach mulai pukul 08:35, diikuti oleh daerah lain di menyatakan nanti di pagi hari.

"Penduduk Pantai Barat bersiap menghadapi dampak di teluk dan pelabuhan. Live-aboards mencari perlindungan dan tempat yang tinggi, " kata pusat peringatan tsunami AS.

(dwia/dek)