Video 20Detik

Jeritan Hati Penggali Kubur Jenazah Covid-19

detikTV, dtv - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 09:20 WIB
Jakarta -

Angka kematian akibat Covid-19 yang meningkat pada Januari 2021 membuat petugas pemakaman kewalahan. Pemakaman khusus untuk jenazah pasien Covid-19 membludak di sejumlah TPU di Jakarta.

"Sebelum ada Covid paling seminggu 3 atau 2 (jenazah)," ujar Endang Leo, penggali makam TPU Bambu Wulung. Namun, pada Januari 2021 angka ini betambah berkali-kali lipat jadi rata-rata 50 jenazah per hari. Bahkan, pernah dalam sehari memakamkan hingga 63 jenazah.

Di TPU Srengseng sebanyak 560 makam baru telah disiapkan. Tetapi tidak kurang dari 10 hari, sudah penuh terisi makam. Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan telah menambah lahan baru di jalan Srengseng Sawah Raya, Kecamatan Jagakarsa.

Pemprov DKI Jakarta bahkan sudah mempersiapkan sejumlah lahan baru untuk pemakaman, salah satunya di TPU Rorotan, Jakarta Utara. Selain itu, pemakaman umum juga bisa digunakan untuk jenazah Covid-19 bila ada kerabat. Pemakaman umum diperbolehkan untuk jenazah Covid-19 yang dimakamkan secara tumpang.

Kepala Bidang Pemakaman Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Siti Hasni menjelaskan kebijakan ini diambil karena pemakaman jenazah Covid-19 harus segera. "Supaya tidak terjadi penumpukan di rumah sakit dan membantu tenaga kesehatan yang juga bergerak cepat," ujarnya.



(/)