Kagetnya Aslem Duit Rp 288 Juta Hasil Kerja di Saudi Ditilap Wowon cs

ADVERTISEMENT

Kagetnya Aslem Duit Rp 288 Juta Hasil Kerja di Saudi Ditilap Wowon cs

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 13:13 WIB
pelaku serial killer
Tiga tersangka serial killer (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Setidaknya 11 orang TKW menjadi korban penipuan modus penggandaan uang serial killer Wowon cs. Salah seorang TKW bernama Aslem yang selamat mengaku rugi hingga Rp 288 juta karena ulah Wowon cs.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan Aslem sudah bekerja menjadi TKW selama 6 tahun lamanya. Selama itulah dia ditipu modus penggandaan uang oleh Wowon cs.

"Untuk Aslem diketahui telah mengikuti penggandaan uang ini selama enam tahun yang bersangkutan bekerja, dengan kerugian sekitar Rp 288 juta," kata Trunoyudo saat dihubungi, Kamis (26/1/2023).

Selain Aslem, korban lain atas nama Hana sudah ditipu dengan modus serupa selama dua tahun. Total kerugian yang dialami hingga Rp 75 juta.

"Kemudian untuk Hana telah mengikuti penggandaan uang selama dua tahun, dengan kerugian sekitar Rp 75 juta," ujarnya.

Trunoyudo mengatakan, saat diperiksa, kedua korban mengaku kaget karena uang yang dijanjikan Wowon cs justru hilang. Mereka mengetahui hal tersebut setelah kasus serial killer tersebut mencuat.

"Kedua saksi shock karena hilang dana dan mendengar kejadian ini," sambungnya.

Trunoyudo menambahkan, total ada 11 TKW yang menjadi korban. Termasuk di dalamnya Siti Fatimah TKW yang dibunuh Wowon cs dengan cara didorong ke perairan Bali. Serta Yeni yang belakangan diketahui sebagai istri Dede Solehuddin (35), salah satu tersangka utama dalam kasus tersebut. Selain itu, korban lainnya bernama Yeni, Aslem, Entin, Hamidah, Evi, Hana, Yanti, Nene, dan Sulastini.

Trunoyudo menambahkan para TKW tersebut rutin menyetorkan dana Rp 3-5 juta setiap bulannya kepada Wowon cs. Hal itu dilakukan dengan iming-iming penggandaan uang.

"Bahwa pada awalnya Wowon mempraktikkan modus penggandaan uang dengan menggunakan amplop. Di mana amplop yang dimasukkan uang oleh korban ditukar jumlah uangnya berkali lipat dari jumlah uang yang dimasukkan korban hingga kemudian korban percaya penggandaan uang tersebut. Dan bekerja menjadi TKW dengan gaji bulanan (sekitar Rp 3-5 juta ) dikirimkan rutin per bulan ke Wowon cs," jelasnya.

Simak juga 'Polisi Ekshumasi Makam Halimah, Korban Wowon Serial Killer':

[Gambas:Video 20detik]



(wnv/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT