Serba-serbi Hari Pendidikan Lingkungan Internasional 26 Januari

ADVERTISEMENT

Serba-serbi Hari Pendidikan Lingkungan Internasional 26 Januari

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 11:08 WIB
Ilustrasi Hari Pendidikan Lingkungan Internasional 26 Januari
Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Hari Pendidikan Lingkungan Internasional adalah peringatan hari internasional pada tanggal 26 Januari yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta edukasi terkait lingkungan hidup di seluruh dunia. Hari Pendidikan Lingkungan Internasional disebut juga World Environmental Education Day.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari Pendidikan Lingkungan Internasional, simak serba-serbinya berikut ini.

Apa itu Hari Pendidikan Lingkungan Internasional?

Hari Pendidikan Lingkungan Internasional disebut juga World Environmental Education Day atau International Environmental Education Day atau World Day of Environmental Education. Hari Pendidikan Lingkungan Internasional diperingati pada tanggal 26 Januari setiap tahunnya.

Hari Pendidikan Lingkungan Internasional diperingati setiap 26 Januari di seluruh dunia dalam rangka untuk mampu meningkatkan kesadaran, edukasi, dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup. Serta meningkatkan hubungan baik antara manusia dengan alam.

Ilustrasi Hari Pendidikan Lingkungan InternasionalIlustrasi Hari Pendidikan Lingkungan Internasional | Foto: unsplash/wiradyatmika

Tujuan Hari Pendidikan Lingkungan Internasional

Dilansir situs National Today, tujuan peringatan Hari Pendidikan Lingkungan Internasional adalah untuk membawa kesadaran akan motivasi untuk melanjutkan upaya pelestarian lingkungan hidup. Serta mendorong motivasi untuk bertindak dengan pemikiran dan pengetahuan ke depan yang benar untuk membawa perubahan berkelanjutan.

Pada tanggal 26 Januari diperingati Hari Pendidikan Lingkungan Internasional sebagai kesempatan untuk menegaskan dan menganalisis masalah dan pertanyaan yang berkaitan dengan membantu lingkungan. Serta mengingatkan untuk memahami dan mengakui saling ketergantungan manusia dan lingkungan.

Sejarah Hari Pendidikan Lingkungan Internasional

Dilansir situs National Today, sejarah Hari Pendidikan Lingkungan Internasional dimulai pada Juni 1972 ketika konferensi di Stockholm, Swedia, dengan mengangkat tema 'Human Environment' oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Konferensi itu membahas bahwa prinsip dan standar umum tertentu harus diikuti sehingga kita dapat melestarikan dan memperbaiki lingkungan saat ini.

Selanjutnya pada tahun 1975, banyak negara, sekitar lebih dari 150 negara, berkumpul dalam Lokakarya Internasional tentang Lingkungan, yang diadakan di Beograd. Kemudian diterbitkanlah "Piagam Beograd" untuk menggambarkan tuntutan penting pendidikan lingkungan.

Hingga kini, Hari Pendidikan Lingkungan Internasional diperingati setiap tanggal 26 Januari sejak konferensi pertama dalam sejarah Hari Pendidikan Lingkungan Internasional. Pada tahun 2021, Hari Pendidikan Lingkungan Internasional pernah dirayakan pada tanggal 14 Oktober.

Cara Merayakan Hari Pendidikan Lingkungan Internasional

Ada banyak pilihan cara dan kegiatan yang bisa dilakukan untuk turut berpartisipasi dalam perayaan Hari Pendidikan Lingkungan Internasional. Berikut ini beberapa rekomendasi cara merayakan Hari Pendidikan Lingkungan Internasional tanggal 26 Januari:

  • Mengedukasi diri dan orang lain akan pentingnya peran serta manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan manusia
  • Mengedukasi diri dan orang lain tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup bagi kelangsungan hidup manusia
  • Berpartisipasi dalam berbagai acara atau kegiatan dengan tema Hari Pendidikan Lingkungan Internasional 26 Januari
  • Membagikan informasi tentang perayaan Hari Pendidikan Lingkungan Internasional 26 Januari di media sosial masing-masing
  • Memasang twibbon Hari Pendidikan Lingkungan Internasional dengan ucapan Selamat Hari Pendidikan Lingkungan Internasional.

Demikian informasi seputar Hari Pendidikan Lingkungan Internasional yang diperingati setiap tanggal 26 Januari di seluruh dunia. Semoga bermanfaat!

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT