Cerita TKW Nyaris Jadi Korban Ke-10 Serial Killer Wowon cs

ADVERTISEMENT

Cerita TKW Nyaris Jadi Korban Ke-10 Serial Killer Wowon cs

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 07:32 WIB
pelaku serial killer
Wowon cs (Foto: 20detik)
Jakarta -

Belasan tenaga kerja wanita (TKW) menjadi korban penipuan serial killer Wowon cs. Dua orang TKW, yakni Siti dan Parida, menjadi korban tewas kekejaman serial killer Wowon cs.

Salah satu TKW di Arab Saudi bernama Hana nyaris menjadi korban ke-10 serial killer Wowon cs. Semula, Hana akan dibunuh karena menagih hasil penggandaan uang kepada tersangka Dede Solehudin, yang berperan sebagai penampung dana dari para TKW.

"Keterangan Hana, TKW korban penipuan Wowon cs, bahwa sepulangnya yang bersangkutan bekerja dari Saudi Arabia sempat menuntut mengenai hasil penggandaan uang ke rumah Dede di Cianjur. Namun pada saat itu tidak ada kepastian hingga kemudian Hana kembali pulang," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Indrawienny Panjiyoga kepada wartawan, Kamis (26/1/2023).

Hana awalnya sempat hendak menemui Dede di Cianjur, Jawa Barat, sekitar Desember 2022. Setelah tidak berhasil menemui Dede, Hana mendapatkan SMS dari Dede untuk menemuinya pada 28-29 Desember 2022.

"Setelah itu, Hana menerima SMS dari Dede agar datang pada 28-29 Desember 2022 untuk diantar mengambil hasil penggandaan uang di rumah Duloh," kata Panji.

Namun, karena cuaca hujan besar, Hana tak jadi menemui Dede di Cianjur saat itu. Hana baru ke Cianjur seminggu setelahnya, tepatnya 8 Januari 2023.

"Hana baru ke Cianjur pada 8 Januari 2023, tetapi sesampai di sana Hana tidak bertemu dengan Dede di rumahnya dengan alasan Dede sudah seminggu tidak pulang ke rumah," jelas Panji.

Diketahui belakangan, pada 8 Januari 2023 itu, Dede sedang berada di Ciketing Udik, Bantargebang, Kota Bekasi. Dia di sana bersama Wowon dan Duloh, mempersiapkan pembunuhan Ai Maemunah, istri ke-6 Wowon. Ai Maemunah dibunuh dengan cara diracun pada 12 Januari 2023.

Beruntungnya, Hana tidak berhasil menemui Dede saat itu. Berdasarkan pengakuan Wowon cs, rupanya Hana akan dieksekusi pada Desember 2022.

"Diketahui dari keterangan Dede bahwa terkait dengan kedatangan Hana pada 28-29 Desember 2022 itu adalah rencananya akan dieksekusi oleh Duloh," kata Panji.

Saat ini polisi masih mendalami keterangan Wowon cs. Polisi akan menggali soal rencana Wowon cs mengeksekusi Hana.

Diketahui total ada sembilan korban serial killer Wowon cs. Dari sembilan korban itu, tiga di antaranya adalah istri Wowon.

Simak Video: Polisi Ekshumasi Makam Halimah, Korban Wowon Serial Killer

[Gambas:Video 20detik]




(mea/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT