Motif Bayar Utang, Pria Ini Curi Kamera dan Lensa Rp 675 Juta di Mal Tebet

ADVERTISEMENT

Motif Bayar Utang, Pria Ini Curi Kamera dan Lensa Rp 675 Juta di Mal Tebet

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 21:48 WIB
Polisi menangkap pria berinisial PS (30) pencuri kamera dan lensa di mal di kawasan Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel). PS membawa kabur 28 unit kamera dan lensa yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.
Polisi mengungkap kasus pencurian kamera dan lensa. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap pria berinisial PS (30), pencuri kamera dan lensa di mal di kawasan Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel). PS membawa kabur 28 unit kamera dan lensa yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

"Jadi kejadian di tanggal 25 Desember sekitar jam 22.30 WIB, yang dicuri adalah 28 unit atau 28 item dari produk Sony, 11 kamera Sony dan 17 lensa Sony," kata Kapolsek Tebet Kompol Chitya Intania Kusnita kepada wartawan di Polsek Tebet, Rabu (25/1/2023).

Chitya mengatakan tersangka berpura-pura sebagai pengunjung di mal tersebut. Kemudian, tersangka membobol toko kamera dan lensa itu saat toko sudah tutup.

"Pelaku seperti pengunjung biasa, dia masuk ke mal pada stan Sony itu sudah tutup jam 22.00 WIB. Pelaku pada saat 22.35 WIB ada di depan store tersebut membuka gembok dan pagar yang sudah ditutup oleh pegawai-pegawai Sony, pada saat itu ada 6 pegawai yang bekerja tapi mereka sudah pulang," kata Chitya.

"Ini situasinya stan dalam keadaan tertutup, pelaku membuka gembok teralis dari toko tersebut, dengan leluasa pelaku mengambil kamera Sony tersebut tanpa ada yang melihat," imbuhnya.

Polisi mengatakan barang curian itu dibawa ke rumah tersangka di Pandeglang, Banten. Chitya mengatakan PS berprofesi sebagai penjual handphone.

"Setelah itu pelaku membawa barang-barang curiannya dengan menggunakan mobil, kemudian dibawalah barang-barang tersebut ke Pandeglang, Banten, di mana itu adalah rumahnya pelaku, lalu pelaku ini punya toko handphone di daerah Serang, Banten," ujarnya.

Polisi mengatakan tersangka PS berdalih melakukan pencurian untuk membayar utang. Tersangka dibekuk di kediamannya di Pandeglang, Banten.

"Modusnya katanya untuk membayar utang, menurut keterangan, jadi pelaku melakukan pencurian. Lalu setelah kita dapati barang bukti ada padanya dalam penguasaannya kemudian pelaku kita bawa ke Polsek Tebet, berikut barang buktinya, berikut kendaraannya untuk penyidikan lebih lanjut," ujar Chitya.

Lebih lanjut, Chitya mengatakan kerugian akibat pencurian itu mencapai Rp 675 juta. Dia mengatakan tersangka sempat menjual kamera dan lensa itu secara online dengan harga Rp 400 juta.

"Total kerugian mencapai kurang lebih Rp 675 juta seluruhnya," ujar Chitya.

"Kalau di online itu 11 set, jadi ada kamera dan lensa 11 dengan harga sekitar Rp 400 juta total," tambah Kanit Reskrim Polsek Tebet, AKP Gatot Sumda.

Tersangka PS dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Tersangka terancam pidana penjara minimal 5 tahun.

Lihat juga video 'Curhat Ashanty Rumahnya Dibobol Maling':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT