Diajak Bisnis, Thoha Malah Kuras Rp 320 Juta dari Rekening BCA Bapak Kos

ADVERTISEMENT

Diajak Bisnis, Thoha Malah Kuras Rp 320 Juta dari Rekening BCA Bapak Kos

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 15:09 WIB
Sidang perkara pembobolan rekening BCA oleh tukang becak
Sidang perkara pembobolan rekening BCA (Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Mohammad Thoha, aktor utama pembobol rekening BCA milik Muin Zachry Rp 320 juta, mengungkap aksinya mengelabui teller dengan meminta tukang becak, Setu, menyamar. Thoha awalnya diajak Muin berbisnis.

Dilansir detikJatim, Rabu (25/1/2023), dalam sidang pemeriksaan terdakwa perkara pembobolan rekening BCA, ketua majelis hakim Marper Pandiangan menanyakan di mana Thoha saat Setu beraksi.

"Saya di depan kantor BCA, Yang Mulia, yang ambil cuma Setu," ujar Thoha, yang mengikuti sidang secara online dari ruang tahanan menjawab pertanyaan Marper, Selasa (24/1).

Muin Ajak Thoha Bisnis

Thoha sempat memaparkan bagaimana dirinya tahu Muin Zachry bapak kosnya memiliki uang Rp 345 juta di rekening BCA-nya. Thoha mengaku tahu itu dari Muin sendiri saat diajak berbisnis.

"Waktu saksi (Muin) bincang-bincang sama saya ngaku punya uang dan mengajak bisnis bersama. Saksi sendiri yang bilang ada Rp 345 juta," ujar Thoha menjawab pertanyaan JPU.

JPU pun melanjutkan pertanyaannya. Dari mana Thoha mengetahui nomor PIN milik Muin? Pria berambut cepak itu mengakui memang mengintip HP Muin.

"Saya mengintip pas saksi Muin buka m-banking," ujar Thoha.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja meyakini teller sudah menjalankan tugas sesuai dengan prosedur.

"Ini penipuan dan kelalaian nasabah. Kami yakin dan bela teller kami tidak salah," kata Jahja kepada detikFinance, Jumat (20/1/2023).

Jahja menegaskan peristiwa tersebut adalah pencurian data nasabah lantaran ada kelalaian. Menurut dia, BCA bisa diminta sebagai saksi.

Baca selengkapnya di sini.

Simak juga 'Kala 3 Pegawai Pengisi Uang Curi Duit Sejumlah ATM, Nilainya Hampir Rp 2 M':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT