Korban Ungkap Thoha Otak Pembobol Rekening BCA Ajak Bisnis Lalu Intip PIN

ADVERTISEMENT

Korban Ungkap Thoha Otak Pembobol Rekening BCA Ajak Bisnis Lalu Intip PIN

Praditya Fauzi Rahman - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 18:27 WIB
Sidang perkara pembobolan rekening BCA oleh tukang becak
Foto: Sidang perkara pembobolan rekening BCA di Surabaya, Jawa Timur. (Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Mohammad Thoha, aktor utama pembobolan rekening BCA milik Muin Zachry tak hanya ulung merencanakan kejahatan tapi juga lihai bersilat lidah dan memperdaya korban. Melalui penasihat hukumnya, Muin mengaku ditipu Thoha saat diminta membuka m-Banking BCA di ponsel.

Muin mengakui bahwa dirinya memang sempat menyebutkan nominal uang yang ada di rekening BCA kepada Thoha. Pelaku yang ngekos di rumah korban selama beberapa hari itu sempat membicarakan soal bisnis.

"Kan bapak saya bilang ada uang. Nah, katanya (bapak saya) mau diajak bisnis (oleh Thoha) jual beli apa gitu. Tapi kan belum terjadi gitu lho. Wong si Thoha itu pengangguran. Nggendabrus itu. Pembohong dia!" Ujar Dewi Mahdalia, penasihat hukum sekaligus putri kandung Muin, seperti dilansir detikJatim, Rabu (25/1/2023).

Dewi menduga obrolan bisnis itu adalah bagian dari tipu muslihat Thoha yang memang sudah berniat berbuat jahat. Belum cukup itu, Dewi menyebutkan bahwa Thoha juga sempat mengelabui ayahnya dengan menyatakan ada saudaranya yang hendak transfer ke rekening ayahnya.

"Nah, di situ ada transferan dari saudaranya, katanya (Thoha). Disuruh lah bapak saya (Muin) lihat M-Banking. Ya dari situ mungkin akhirnya kebobolan. Ngintip (PIN) itu si Thoha," ujarnya.

Thoha sendiri dalam sidang pemeriksaan terdakwa dalam perkara pembobolan rekening BCA di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mengakui bahwa dirinya tahu nomor PIN rekening Muin karena mengintip saat korban membuka m-Banking.

"Saya mengintip pas Saksi Muin buka M-Banking," ujar Thoha menjawab pertanyaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Estik Dilla dalam sidang yang berlangsung di Ruang Sari II PN Surabaya, Selasa (24/1/2023).

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga video '3 Pegawai Pengisi Uang Curi Duit Sejumlah ATM, Nilainya Hampir Rp 2 M':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT