Tentang Sodetan Ciliwung yang Bakal Kurangi Banjir Kampung Melayu-Manggarai

ADVERTISEMENT

Tentang Sodetan Ciliwung yang Bakal Kurangi Banjir Kampung Melayu-Manggarai

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 13:20 WIB
Proyek sodetan Kali Ciliwung sempat mangkrak selama 6 tahun. Namun, Jokowi menargetkan proyek tersebut selesai pada April 2023 mendatang.
Sodetan Ciliwung (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Proyek Sodetan Sungai Ciliwung yang sempat mangkrak selama 6 tahun kembali dilanjutkan. Proyek ini diyakini mampu mengurangi risiko banjir di Kampung Melayu dan Manggarai.

"Sodetan Kali Ciliwung segera berfungsi kurangi risiko banjir di Kampung Melayu dan Manggarai," demikian informasi yang disampaikan melalui akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, Rabu (25/1/2023).

Pemprov DKI mengatakan selama ini pembangunan sodetan Kali Ciliwung terhambat pembebasan lahan. Sodetan ini diklaim bisa mengalirkan air sebesar 60 meter kubik per detik ke Kanal Banjir Timur (KBT). Sejauh ini, pipa telah tersambung dan dilanjutkan perapian untuk sheet pile pelebaran kali hingga April mendatang.

"Sodetan Kali Ciliwung akan mengalirkan air secara signifikan ke Kanal Banjir Timur (KBT) saat Kali Ciliwung sudah tidak mampu lagi menampung debit air, terutama pada perkiraan siklus debit banjir ulang 25 tahunan," jelasnya.

Selain Sodetan Kali Ciliwung, upaya pengurangan banjir di hilir juga dilakukan melalui normalisasi sungai hingga pembangunan tanggul laut atau giant sea wall.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung selesai April mendatang. Jokowi mengapresiasi proyek ini kembali dilanjutkan setelah 6 tahun mangkrak.

"Jadi kita kembali lagi ke Jakarta, ke banjir Jakarta. Kita tahu penanganan banjir Jakarta harus dari hulu sampai ke hilir. Di hulunya sudah kemarin selesai. Di bangunan Bendungan Ciawi, kemudian Bendungan Sukamahi sudah di atas," kata Jokowi kepada wartawan setelah meninjau proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung, Selasa (24/1).

"Di bawah sudah sampai Jakarta masih ada masalah, sekarang juga sebentar lagi akan selesai, mungkin April insyaallah sudah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun," ujarnya.

Jokowi menyebut masalah proyek pembangunan sodetan mangkrak karena masalah pembebasan lahan. Dia mengatakan pembebasan lahan itu kemudian bisa dilakukan sehingga proyek dapat dilanjutkan kembali.

"Ini kemarin satu setengah bulan telah dibebaskan lahan di sini sehingga bisa dimulai lagi pengeboran nya dan kita harapkan nanti di April insyaallah sudah selesai dan ini akan mengurangi banyak sekali lahan genangan, lahan banjir yang ada di Jakarta," ujarnya.

Jokowi lantas mengaku kaget pembebasan lahan itu bisa dilakukan oleh Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Dia menyebut tidak mengetahui pendekatan apa yang dilakukan Heru hingga pembebasan lahan bisa dilakukan.

"Saya juga kaget dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru, saya nggak tahu pendekatannya apa, tapi selesai. Sehingga saya ke sini tadi karena sudah selesai," ujarnya.

Simak Video 'Kagetnya Jokowi Sodetan Ciliwung yang Mangkrak 6 Tahun Kini Lanjut Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT