Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, NasDem: Pembebasan Lahan Bukan Hal Mudah

ADVERTISEMENT

Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, NasDem: Pembebasan Lahan Bukan Hal Mudah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 24 Jan 2023 19:15 WIB
Presiden Jokowi meninjau pembangunan proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Outlet pompa Pintu Air Kebon Nanas, Jatinegara, Jakarta Timur.
Proyek Sodetan Ciliwung (Dok. Kementerian PUPR)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang melanjutkan sodetan Ciliwung setelah mangkrak 6 tahun. NasDem menilai proses pembebasan lahan bukan hal mudah karena mesti mengutamakan unsur kehati-hatian.

"Kan sebelum Pak Heru sudah ada proses. Saya kira gini, kalau masalah pembebasan lahan semuanya berproses dari, karena kan saya ngikuti kan di Komisi D, artinya gini, masalah bebasin lahan bukan hal gampang, karena harus ada proses yang dilalui," kata anggota DPRD DKI Jakarta dari F-NasDem, Nova Harivan Paloh, saat dihubungi, Selasa (24/1/2023).

Adapun proses pembebasan lahan yang dimaksud Nova mulai dari musyawarah, mencapai kesepakatan nilai ganti rugi, hingga memeriksa keabsahan sertifikat tanah pemilik lahan. Tak hanya di Sodetan Ciliwung, masalah pembebasan lahan terjadi di area normalisasi kali Ciliwung lainnya, salah satunya di Rawajati, Jakarta Selatan.

"Kayak misalnya di Rawajati ada beberapa lahan yang belum bebas kan karena masih ada kendala. Artinya memang harus ada proses kehati-hatian dalam pembebasan lahan," jelasnya.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi D tersebut memandang proyek normalisasi maupun sodetan Kali Ciliwung tak bisa dilakukan setengah-setengah. Bagaimanapun proyek ini bisa berjalan ketika seluruh lahan telah dibebaskan.

"Dalam hal pembebasan lahan harus dibebasin keseluruhan baru ada proses. Artinya kan ada titik-titik yang harus ditempuh," ujarnya.

Nova turut merespons komentar PSI yang menilai gubernur sebelumnya, Anies Baswedan, tak punya niat menuntaskan masalah banjir Ibu Kota karena terkekang janji politik. Ia kembali menekankan unsur kehati-hatian.

"Bukan masalah janji politiknya, tapi lihat (contoh) Rawajati kenapa ada yang udah bebas ada yang belum? Karena ada proses kepemilikan. Harus ada kehati-hatian. Kalau misal tiba-tiba kita main beli aja, tiba-tiba datang warga gimana?" tegasnya.

Simak video 'Kagetnya Jokowi Sodetan Ciliwung yang Mangkrak 6 Tahun Kini Lanjut Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT