KPK Setor Rp 1 M ke Kas Negara Hasil Lelang Hakordia, iPhone-Mercy Terjual

ADVERTISEMENT

KPK Setor Rp 1 M ke Kas Negara Hasil Lelang Hakordia, iPhone-Mercy Terjual

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Kamis, 15 Des 2022 15:44 WIB
Gedung baru KPK
KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyetorkan dana Rp 1 miliar ke kas negara. Uang tersebut berasal dari lelang benda rampasan milik terpidana korupsi.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebutkan lelang itu dilangsungkan pada peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). Ali mengatakan dana itu, selain sebagai pemulihan aset, dapat menjadi sumber pemasukan bagi kas negara.

"Selain untuk tujuan asset recovery hasil korupsi, dari hasil lelang ini tentu mampu memberikan tambahan pemasukan bagi kas negara," kata Ali Fikri.

Dia mengatakan pelelangan itu menawarkan sejumlah paket barang yang jika ditotal mencapai Rp 1 miliar. Proses pelelangan itu dilakukan pada Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

"KPK berhasil menjual barang lelang dan mengumpulkan hingga Rp 1 miliar lebih untuk disetor kas negara pada pelaksanaan lelang saat acara Hakordia 2022 di Bidakara Jakarta," jelas Ali.

Dalam kesempatan itu Ali juga menyampaikan apresiasinya terhadap animo masyarakat. Menurutnya, masyarakat sangat antusias untuk mengikuti lelang tersebut.

"KPK menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas antusias masyarakat yang telah ikut serta menjadi peserta lelang," tutup Ali.

Adapun barang yang laku terjual antara lain:

- Tiga batang logam mulia, masing-masing seberat 100 gram.

- Satu sepeda Pasifix Primum 7.0 dan satu sepeda Polygon.

- Satu unit Handphone iPhone XS Max.

- Satu unit kendaraan roda empat Toyota Fortuner 2.4

- satu unit kendaraan roda empat Mercedes-Benz C200 AT.

Adapun Hakordia diperingati pada Jumat (9/12) lalu. Dalam kegiatan itu, KPK menggelar serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan upaya pemberantasan korupsi.

Pada Minggu (11/12) ini, KPK menggelar penutupan Hakordia yang dimulai dengan agenda jalan sehat dengan mengundang seluruh insan KPK dan pihak Pemprov DKI Jakarta. Dalam kesempatannya, Firli juga menutup langsung agenda kegiatan Hakordia tersebut.

"Akhirnya, dengan mengucapkan alhamdulillahirabbil'alamin, acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2022 secara resmi saya nyatakan ditutup," pungkas Firli.

(mha/yld)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT