Sejarawan: SDN Pocin 1 Berdiri 50 Tahun Lebih, Termasuk Artefak

ADVERTISEMENT

Sejarawan: SDN Pocin 1 Berdiri 50 Tahun Lebih, Termasuk Artefak

Devi Puspitasari - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 18:59 WIB
Ahli sejarah JJ Rizal
Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta -

Sejarawan JJ Rizal mengkritik Pemkot Depok karena berencana mendirikan masjid di lahan SDN Pondok Cina (Pocin) 1, yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun. Dia menyebut usia sekolah tersebut termasuk artefak.

"Niat menggusur SDN Pocin 1 niat yang menyimpulkan bahwa Pak Wali Kota itu tidak memahami identitas Kota Depok yang menyejarah. Lebih dari 50 tahun termasuk artefak," kata JJ Rizal kepada wartawan di SDN Pocin 1, Jumat (9/12/2022).

Dia juga menilai Pemkot Depok tidak menunjukkan secara simbolis lambang Kota Depok, yang berisikan antara lain pena dan buku. Padahal, sambungnya, hal itu seharusnya menjadi garis Pemkot Depok memuliakan instansi pendidikan.

"Dia (Wali Kota) mengkhianati lambang Kota Depok yang di dalamnya ada pena dan buku. Sebenarnya itu adalah garis Pemkot Depok harus memuliakan pendidikan," kata JJ Rizal.

Hal yang sama diutarakan oleh praktisi pendidikan Retno Listyarti. Dia mengatakan SDN Pocin 1 memiliki memori sejarah yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun.

"Ini sejarahnya luar biasa sekolah yang lebih dari 50 tahun dan artefak ternyata. Jadi kalau yang pertama itu kita harus peduli dengan budaya dan sejarah," ujar Retno.

Sebelumnya, Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pocin 1 hingga hari ini. Siswa SDN Pocin 1 dipaksa angkat kaki pada pekan selanjutnya. Pada Senin (12/12) siswa diharuskan 'angkat kaki' dari SDN Pocin 1 untuk pindah ke sekolah lain.

Rencana relokasi SDN Pocin 1 karena di lahan tersebut akan dibangun masjid ramai dikritik oleh anggota DPRD Kota Depok hingga sejarawan. Meski begitu, Pemkot Depok tetap menjalankan rencana tersebut.

(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT