Polisi: Tak Ada DNA Selain 4 Orang Sekeluarga Ditemukan Tewas di Kalideres

ADVERTISEMENT

Polisi: Tak Ada DNA Selain 4 Orang Sekeluarga Ditemukan Tewas di Kalideres

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 15:32 WIB
Puslabfor Polri cek suhu dan kelembaban udara di rumah sekeluarga mengering di Kalideres, Jakarta Barat.
Puslabfor Polri cek suhu dan kelembaban udara di rumah sekeluarga 'mengering' di Kalideres, Jakarta Barat. (Rumondang Naibaho/detikcom)
Jakarta -

Kabid Kimia Biologi Forensik Puslabfor Polri Kombes Wahyu Marsudi menjelaskan upaya polisi mengungkap identitas sekeluarga ditemukan tewas di Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar). Polisi mengecek identitas DNA keempat korban.

"Memastikan identitas korban berdasarkan DNA. nanti kita bandingkan dengan DNA saat masih hidup," kata Kombes Wahyu dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Dia mengatakan metode pencocokan tersebut disebut dengan metode sibling. Dia mengatakan dipastikan tak ada kerusakan di rumah tersebut berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP).

Polisi mengecek setiap sudut di rumah tersebut untuk mencari apakah ada kemungkinan orang lain di luar empat korban yang meninggal di rumah tersebut.

"Kemudian tim juga mencari apakah ada percikan darah di TKP. Ternyata di TKP tak ditemukan percikan darah," ujarnya.

Meski begitu, polisi terus mencari tahu titik terang kasus. Polisi lalu mengambil semua sampel yang ada di rumah untuk dicek DNA.

Hasilnya, tak ada DNA yang ditemukan selain keempat korban.

"Kemudian tim mencari tahu, di akses tersebut, baik di pintu masuk, kamar mandi, dapur dan semua, kita ambil DNA-nya. Kita angkat, kita periksa ke labfor," ucapnya.

"Ternyata tidak kita temukan DNA, selain daripada DNA keempat korban tadi," tambah dia.

Dokter polisi lalu mengambil DNA korban untuk dicocokkan dengan pihak keluarga yang masih hidup. Hasilnya, DNA keempat korban memiliki kemiripan dengan pihak keluarga yang masih hidup.

"Keempat korban punya garis kekerabatan dengan Irwanto Gunawan, maka kita berani simpulkan, keempat orang ini memang satu keluarga dan masih keluarga dengan Irwanto Gunawan yang masih hidup," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Polisi Akan Ungkap Kasus Sekeluarga Tewas di Kalideres Sebelum 6 Desember

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT