Pelican Crossing Perpusnas Digeser, DPRD DKI: Jangan Sampai Tebang Pohon

ADVERTISEMENT

Pelican Crossing Perpusnas Digeser, DPRD DKI: Jangan Sampai Tebang Pohon

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 21:51 WIB
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP Ida Mahmudah
Ketua Komisi D DPRD DKI Ida Mahmudah ( Dok. DPRD DKI).
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan memindahkan pelican crossing dekat Perpustakaan Nasional (Perpusnas) ke depan Plaza Selatan Monas di Jl Medan Merdeka Selatan. Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mewanti-wanti agar pemindahan lokasi penyeberangan jalan ini tak berimbas pada penebangan pohon.

"Untuk penataan saya setuju. Tapi tidak ada pemotongan pohon apalagi pohon besar. Karena gini, kalau mau buat trotoar atau buat orang berjalan enak, kita butuh pohon besar," kata Ida saat dihubungi, Kamis (8/12/2022).

Meski begitu, Ida mengaku tak mempermasalahkan adanya penataan median jalan serta pemindahan pelican crossing. Namun, dia meminta agar kegiatan itu tidak dilakukan dengan cara menebang pohon, kecuali apabila pohon tersebut sudah berumur tua sehingga membahayakan masyarakat yang melintas.

"Karena kita butuh sekali pohon tersebut. Pohon ini kan manfaatnya banyak. Jadi saya minta tidak ada dinas, satu pun, di DKI ini yang menebang pohon sembarangan, kecuali sudah tua, tidak layak, tidak sehat, membahayakan maka boleh dipotong. Tapi yang sehat tidak boleh ada pemotongan pohon," tegasnya.

Politikus PDIP itu mengaku telah berkomunikasi dengan Bina Marga DKI Jakarta terkait rencana pemindahan pelican crossing itu. Kepada Bina Marga, dia meminta agar kegiatan itu dikomunikasikan kepada dinas-dinas terkait lainnya.

"Karena aturan harus dia tau, tidak sembarangan dia ubah. Jangan orang dinas taman sudah mengeluarkan taman nanti diacak-acak lagi sama dia," ucapnya.

"(Kemudian) untuk pemunduran pelican crossing kan harus berkoordinasi dengan dinas terkait ya, misalnya dengan Dishub," tambah dia.

Sebagaimana diketahui, Bina Marga DKI Jakarta berencana memindahkan pelican crossing yang berlokasi di depan Perpusnas, Jakarta Pusat. Nantinya lokasi penyeberangan jalan itu digeser ke sisi timur, tepatnya di depan Plaza Selatan Monas.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menjelaskan, pelican crossing itu digeser setelah pihaknya menata trotoar di sepanjang Jalan Merdeka Selatan sisi Perpusnas. Setelah penataan trotoar rampung, pelican crossing di depan Perpusnas akan dihilangkan.

"Adapun penataan trotoar di Merdeka Selatan sekaligus menata pelican crossing (PC). PC eksisting bergeser ke arah timur tegak lurus pintu masuk Monas, saat baru pekerjaan trotoar, selanjutnya penghapusan zebra cross atau PC digeser ke timur serta penataan taman median tengah untuk akses menuju halte dan penyeberangan," kata Hari kepada wartawan, Kamis (8/12/2022).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT