Nasib Patung Selamat Datang: Dulu Terhalang JPO, Kini Terhalang Halte

ADVERTISEMENT

Nasib Patung Selamat Datang: Dulu Terhalang JPO, Kini Terhalang Halte

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 17:20 WIB
Jembatan penyeberangan orang (JPO) di dekat Bundaran HI mulai dirobohkan. Lalu lintas di sekitar lokasi pun resmi ditutup dan dialihkan.
JPO Bundaran HI yang dulu menghalangi Patung Selamat Datang. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Patung Selamat Datang memang bersejarah, namun nasibnya di era kekinian terhalang bangunan. Dulu, Patung Selamat Datang terhalang oleh Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Bundaran HI. Kini, patung itu terhalang oleh Halte Transjakarta.

Juli 2018, Gubernur Anies Baswedan membongkar JPO Bundaran HI karena menghalangi pemandangan ke Bundaran HI. Saat itu Jakarta tengah bersiap menyambut Asian Games.

"Nanti akan bisa lihat lagi Patung Selamat Datang dengan JPO diturunkan. Nanti orang lewat akan bisa lihat patung ini," kata Anies, 22 Juli 2018.

Penampilan para artis ibu kota hingga beragam atraksi menarik lainnya sukses memeriahkan perayaan HUT DKI Jakarta ke-492. Seperti apa penampakannya?Anies Baswedan (Pradita Utama/detikcom)

Meski dicopot, Anies memastikan akses warga menyeberang tidak terganggu. Dia telah menyiapkan jalur underpass yang telah dibuat MRT.

"Nantinya akan ada jalur lewat bawah, justru tempat berhentinya TransJakarta tidak dibatasi tapi turun ke bawah. Dari bawah bisa ke kanan kiri," paparnya saat itu.

30 Juli 2018, JPO Bundaran HI dirobohkan. Akhirnya, JPO yang dibangun PT MRT Jakarta senilai Rp 5 miliar itu digantikan oleh pelican crossing dengan anggaran Rp 100 juta.

Kini, JPO Bundaran HI memang sudah tidak ada. Namun demikian, sejarawan mengeluhkan Halte Transjakarta yang kini dari sisi yang sama gantian menghalangi pemandangan bersejarah Patung Selamat Datang itu. Ada lagi Hotel Indonesia, dan Gedung Sarinah yang juga ikut terhalang.

"Pak Gubernur Anies Baswedan, mohon setop pembangunan Halte Transjakarta Tosari-Bundaran HI yang merusak pandangan ke Patung Selamat Datang dan Henk Ngantung Fontein warisan Presiden Sukarno dengan Gubernur Henk Ngantung sebagai poros penanda perubahan ibu kota kolonial ke ibu kota nasional," kata JJ Rizal dalam cuitan di akun Twitter-nya, detikcom mengizinkan detikcom mengutipnya, Kamis (29/9/2022).

Revitalisasi Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia terus dikebut. Begini progres terkininya.Revitalisasi Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia terus dikebut. Begini progres terkininya. Foto: Agung Pambudhy

Halte Bundaran HI ini direvitalisasi bersama 46 halte lainnya di seantero Jakarta Raya. Revitalisasi dimulai 15 April dan ditargetkan rampung satu semester. Anggarannya Rp 600 miliar.

Proyek revitalisasi Halte ikonik yaitu Halte Sarinah, Halte Bundaran HI, Halte Tosari dan Halte Dukuh Atas 1 dikerjakan oleh empat kontraktor. Nantinya, halte TransJakarta tersebut akan difungsikan kembali secara bertahap sampai dengan diselesaikan secara keseluruhan pada Desember 2022.

Lihat juga Video: Resmikan Sekolah Net Zero, Anies: Gedung Abad 19, Kini Abad 21

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT