DKI Revitalisasi Trotoar Jl Merdeka Selatan, Pelican Crossing Bakal Digeser

ADVERTISEMENT

DKI Revitalisasi Trotoar Jl Merdeka Selatan, Pelican Crossing Bakal Digeser

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 17:15 WIB
Revitalisasi trotoar di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.
Revitalisasi trotoar di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Bina Marga DKI Jakarta akan memindahkan pelican crossing yang berlokasi di depan Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta Pusat. Nantinya lokasi penyeberangan jalan itu digeser ke sisi timur, tepatnya di depan Plaza Selatan Monas.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menjelaskan, pelican crossing itu digeser setelah pihaknya menata trotoar di sepanjang Jalan Merdeka Selatan sisi Perpusnas. Setelah penataan trotoar rampung, pelican crossing di depan Perpusnas akan dihilangkan.

"Adapun penataan trotoar di Merdeka Selatan sekaligus menata pelican crossing (PC). PC eksisting bergeser ke arah timur tegak lurus pintu masuk Monas, saat baru pekerjaan trotoar, selanjutnya penghapusan zebra cross atau PC digeser ke timur serta penataan taman median tengah untuk akses menuju halte dan penyeberangan," kata Hari kepada wartawan, Kamis (8/12/2022).

Untuk diketahui, pelican crossing depan Perpusnas biasa digunakan masyarakat mengakses Halte TransJakarta Balai Kota maupun kawasan IRTI Monas. Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, Kamis (8/12/2022), penataan trotoar di sekitar Perpusnas selesai dilakukan.

Selain itu, pelican crossing masih digunakan masyarakat untuk menyeberang jalan. Kendati begitu, akses pelican crossing tertutup bidang rumput yang berada di trotoar.

Hal ini membuat masyarakat mesti berjalan sedikit untuk keluar dari area trotoar menuju pelican crossing agar tidak menginjak rumput.

Kembali lagi ke penjelasan Hari, dia menyampaikan nantinya pelican crossing akan digeser 50 meter ke sisi timur. Setelahnya, pihaknya akan membuat jalur penyeberangan baru serta akses menuju halte TransJakarta melalui penataan median jalan.

"Nanti pintu ke TransJakarta akan terkoneksi dengan plaza median yang baru. Untuk keluar-masuk lewat situ," jelasnya.

Untuk diketahui, median jalan yang dimaksud Hari saat ini merupakan jalur hijau yang terdapat banyak pohon. Hari memastikan tak akan ada penebangan pohon selama penataan median.

"Pohon tetap dipertahankan," imbuhnya.

(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT