Pengacara Cecar Saksi soal Hendra Temui Sambo Sebelum Temui Keluarga Yoosua

ADVERTISEMENT

Pengacara Cecar Saksi soal Hendra Temui Sambo Sebelum Temui Keluarga Yoosua

Wilda Hayatun Nufus, Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 18:58 WIB
Sidang Hendra Kurniawan dan Agus
Foto: Dok Sidang Hendra Kurniawan (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Tim pengacara Hendra Kurniawan mencecar saksi dari Propam Polri soal pertemuan Hendra dengan Sambo usai peristiwa penembakan Yosua. Tim pengacara Hendra menilai saksi tidak jujur.

Saksi itu adalah sekretaris pribadi Ferdy Sambo, Muhammad Rafli, hadir sebagai saksi dengan Hendra Kurniawan duduk sebagai terdakwa. Awalnya, jaksa mencecar saksi soal Hendra bertemu dengan Sambo pada 13 Juli 2022.

"Tanggal 13 (Juli) saksi ingat siapa yang bertemu ke ruangan Kadiv Propam?" tanya jaksa dalam sidang di PN Jaksel, Kamis (8/12/2022).

"Pak Hendra dan Arif Rachman," jawab Rafli.

Saksi Rafli lalu ditanya soal tiap orang yang datang ke ruang Ferdy Sambo selepas penembakan Yosua pada Jumat (8/7). Rafli mengaku hanya melihat Hendra Kurniawan dan Arif Rachman ke ruangan Sambo pada Rabu (13/7).

Keterangan Rafli itu lalu dicecar oleh Henry Yosodiningrat selaku pengacara Hendra Kurniawan. Menurut Henry, Rafli menyampaikan keterangan yang salah.

"Tanggal 11 Juli hari Senin saudara mengatakan bahwa tidak ada terdakwa ini (ke ruangan Sambo)?" tanya Henry.

"Siap, tidak ada," jawab Rafli.

"Ada tamu-tamu Ferdy Sambo yang lain?" sambung Henry.

"Ada, tapi saya tidak hafal," ujar Rafli.

Henry menilai keterangan Rafli keliru. Pasalnya, Hendra Kurniawan bertemu dengan Ferdy Sambo di ruangan Kadiv Propam pada 11 Juli.

Pertemuan itu, kata Henry, terjadi sebelum Hendra berangkat ke Jambi menemui keluarga Yosua Hutabarat. Henry pun meminta saksi Rafli dihadirkan kembali ke persidangan pekan depan.

"Ada satu hal yang penting bagi kami soal saudara memberikan keterangan sementara ini perlu kami uji bahwa pada 11 (Juli) hari Senin terdakwa ini tidak datang. Kita minta kepada majelis hakim nanti pemeriksaan Ferdy Sambo saksi ini dihadirkan kembali. Karena faktanya memang belum terungkap3 di persidangan ini. Hari Senin tanggal 11 (Juli) terdakwa ini datang atas panggilan Ferdi Sambo sebelum berangkat ke Jambi. Di situ ada dari Komnas HAM dan Kompolnas," jelas Henry.

Henry kemudian kembali meminta saksi Rafli soal siapa saja yang bertemu dengan Ferdy Sambo pada 11 Juli.

"Keterangan saksi ini kami tidak anggap palsu tapi sepatutnya kami duga, kami masih meragukan. Kami masih mau mengecek keterangan saudara. Coba diingat tangal 11? Tapi kalau tetap berpegang itu permohonan kami kepada majelis hakim," ujar Henry.

"Saya lupa," jawab Rafli.

Hakim lantas bertanya kepada Rafli soal pertemuan Hendra Kurniawan dengan Sambo di tanggal 11 Juli. Hakim mempertanyakan konsistensi jawaban Rafli.

"Tadi saudara sudah jawab bahwa tanggal 11 saudara tidak ada di tempat sehingga saudara tidak lihat kedatangan terdakwa ini. Nah sekarang saudara ditanya lagi dijawab lupa. Yang mana ini?" tanya hakim.

"Saya lupa karena saya tidak 24 jam di situ," ujar Rafli.

"Bukan 24 jam. Ini pertanyaannya tanggal 11 itu ketika saudara bekerja. Tanggal 11 itu saudara datang dan pulang jam berapa?Tanggal 11 ada saudara lihat terdakwa datang ke ruangan Ferdi Sambo?" sambung hakim.

"Saya tidak lihat," timpal Rafli.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT