Ketua Banggar DPR Undang Parlemen Arab Saudi ke RI: Kita Semua Welcome

ADVERTISEMENT

Laporan dari Riyadh

Ketua Banggar DPR Undang Parlemen Arab Saudi ke RI: Kita Semua Welcome

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 07:24 WIB
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah, melaksanakan kunjungan kerja ke Arab Saudi bertemu dengan Komite Keuangan dan Ekonomi Parlemen Kerajaan Saudi Arabia.
Ketua Banggar DPR RI (kiri) bertemu parlemen Arab Saudi. (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah melakukan kunjungan kerja ke parlemen Kerajaan Arab Saudi. Said menyebut tahun depan rombongan parlemen Arab Saudi direncanakan akan balik mengunjungi Indonesia.

Awalnya, Said mengatakan Kerajaan Saudi Arabia telah ikut berkontribusi dalam investasi di Indonesia. Menurutnya, di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), investasi Saudi Arabia dari tahun 2014-2021 mencapai lebih dari 57 juta USD.

"Kami berharap Pemerintah Saudi Arabia kian meningkatkan investasinya ke Indonesia. Kami berharap Kerajaan Saudi Arabia bisa masuk melalui proyek Ibu Kota Negara di Nusantara, serta berbagai proyek energi baru dan terbarukan yang memang menjadi masa depan energi dunia," kata Said dalam pidato pertemuan dengan pemimpin dan anggota Komite Keuangan dan Ekonomi Parlemen Kerajaan Saudi Arabia di Riyadh, Arab Saudi, Rabu (7/12/2022).

Said menyebut Arab Saudi dan Indonesia sama-sama relatif berhasil memulihkan ekonomi dan meredakan pandemi COVID-19, sehingga membangkitkan nilai perdagangan kedua negara. Menurutnya, nilai perdagangan kedua negara tahun 2021 senilai US$ 5,5 miliar atau tumbuh 40,44% dibanding tahun 2020.

"Kami berharap momentum ini terus kita kembangkan sejalan dengan kinerja pertumbuhan ekonomi kedua negara yang berkinerja baik disepanjang tahun 2022 ini," ucapnya.

Said menyebut Indonesia akan terus menopang kebutuhan Kerajaan Saudi Arabia terhadap berbagai komoditas olahan dan manufacturing. Sebaliknya, kata dia, Indonesia sangat bergantung suplai minyak bumi dari Saudi Arabia.

"Kami berharap Saudi Arabia bisa menjadi salah satu mitra dagang yang semakin strategis ke depan, sejalan dengan berbagai program reformasi ekonomi yang dijalankan oleh Yang Mulia Pangeran Muhammad bin Salman," ujarnya.

Lebih lanjut, Said mengundang para anggota anggota Komite Keuangan dan Ekonomi Parlemen Kerajaan Saudi Arabia, untuk datang ke DPR RI. Kehadiran dari parlemen Arab Saudi di Tanah Air diharapkan bisa meningkatkan nilai investasi Arab Saudi di Indonesia.

"Insyallah tahun depan, tinggal memilih waktu. Bahkan bagi Saudi, saya yang ke sana atau ente yang ke sini lagi. Kita semua pada welcome," kata Said.

"Kalau itu berhasil, itu bagian sumbangsih dari kami badan anggaran, wujud diplomasi DPR dalam rangka membantu, bukan hanya kepentingan pemerintah tapi lebih luas dari itu," imbuhnya.

Simak juga 'Pemerintah Arab Saudi Usahakan Kuota Haji RI Bisa Bertambah':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT