Ferdy Sambo Klaim Tak Janjikan Uang ke Ricky-Kuat-Eliezer

ADVERTISEMENT

Ferdy Sambo Klaim Tak Janjikan Uang ke Ricky-Kuat-Eliezer

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 14:32 WIB
Putri Candrawathi kembali menjalani sidang offline usai negatif COVID-19. Putri berpelukan dengan suaminya Ferdy Sambo yang juga menjadi terdakwa.
Ferdy Sambo (A. Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Ferdy Sambo membantah berjanji memberikan uang kepada Richard Eliezer, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal usai berkenan menjalankan skenario di kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Sambo mengaku hanya akan memperhatikan keluarga ketiganya.

Hal itu terungkap saat Sambo menjadi saksi dalam sidang lanjutan pembunuhan Brigadir Yosua di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022). Duduk sebagai terdakwa Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan Richard Eliezer.

Hakim awalnya bertanya soal kapan Sambo mulai bercerita mengenai skenario yang disusunnya kepada ketiga anak buahnya tersebut. Skenario itu lalu diceritakan Sambo saat Ricky, Kuat, dan Eliezer menjalani pemeriksaan pendahuluan di Provos Polri pada 8 Juli malam.

"Kapan Saudara jelaskan skenario kepada Richard, Ricky, dan Kuat?" tanya hakim.

"Pada saat di Biro Provos, Yang Mulia," jawab Sambo.

Hakim lantas bertanya peristiwa tanggal 10 Juli. Hakim bertanya soal kebenaran Sambo berjanji memberikan uang kepada anak buahnya tersebut.

"Tanggal 10 (Juli) Saudara janjikan mereka bertiga itu Rp 1 miliar itu gimana ceritanya," tanya hakim.

"Tanggal 10 itu saya memanggil mereka karena setiap hasil pemeriksaan saya tanya, 'Gimana jawaban kamu.' 'Masih, Bapak, sesuai petunjuk Bapak.' 'Ya sudah, kamu akan saya perhatikan, keluarga kamu, karena sudah mau membantu menjalankan cerita,'" jawab Sambo.

Hakim kembali bertanya soal janji pemberian uang dari Sambo. Namun, Sambo menegaskan tidak pernah menjanjikan uang kepada Ricky Rizal, Richard Eliezer, dan Kuat Ma'ruf.

"Saudara kasih berapa ke Ricky?" tanya hakim.

"Saya tidak janjikan uang, Yang Mulia," jawab Sambo.

"Kepada Richard berapa?" tanya hakim lagi.

"Saya tidak menjanjikan uang. Saya hanya akan merawat keluarga," timpal Sambo.

Dalam sidang ini, Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf didakwa bersama-sama dengan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat.

Para terdakwa didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Simak video 'Luapan Kekecewaan Eks Anak Buah Atas Kebohongan Ferdy Sambo':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/yld)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT