Parkir Liar di DKI Raup Ratusan Miliar, Polda Metro Tegaskan Penindakan

ADVERTISEMENT

Parkir Liar di DKI Raup Ratusan Miliar, Polda Metro Tegaskan Penindakan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 08:47 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman
Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman (Foto: Dok. TMC Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) menyoroti parkir liar di Jakarta diduga menghasilkan miliaran rupiah per tahun. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan pihaknya akan menertibkan parkir liar di Jakarta.

"Kita dalam hal penertiban akan selalu melaksanakan untuk menjaga keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas)," kata Kombes Latif kepada wartawan, Selasa (6/12/2022).

Dalam penertiban ini, kata Latif, Ditlantas Polda Metro akan berkoordinasi dengan pihak terkait. Salah satunya dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Dan selalu akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," tuturnya.

Diketahui, Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor sebelumnya menyoroti praktik parkir liar di Jakarta. Dia memperkirakan parkir liar di Jakarta dapat meraup untung hingga ratusan miliar rupiah setiap tahunnya.

Tigor mencontohkan biaya parkir liar di sekitar Grand Indonesia, Jakarta Pusat, mencapai Rp 10 ribu per sepeda motor. Apabila setiap hari ada 5.000 sepeda motor, juru parkir (jukir) dapat meraup untung hingga Rp 50 juta per hari, Rp 1,5 miliar sebulan dan Rp 18 miliar dalam kurun waktu setahun.

"Kalau kita lihat semua kawasan parkir liar di sekitar Grand Indonesia itu banyak sekali dan diisi ribuan sepeda motor. Bisa dibayangkan betapa besarnya pendapatan parkir liar di kawasan sekitar Grand Indonesia. Misalnya saja ada sekitar 5.000 sepeda motor setiap hari yang parkir di sana, pendapatannya ada Rp 50 juta sehari, Rp 1,5 miliar sebulan, dan Rp 18 miliar dalam setahun," kata Azas dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Jakarta Heru Budi Hartono merespons soal parkir liar yang diduga meraup untung ratusan miliar rupiah setahun. Heru menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) menertibkan parkir liar.

"Soal parkir liar saya sudah tugaskan Dishub melakukan penertiban," kata Heru Budi setelah meninjau Pasar Induk Kramat Jati di Jakarta Timur, Selasa (6/12).

Simak juga 'Saat Kerumunan Citayam Fashion Week Dibubarkan, Parkir Liar Ditertibkan':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT