Terungkap Alasan Hendra Kurniawan Naik Private Jet Kunjungi Rumah Yosua

ADVERTISEMENT

Terungkap Alasan Hendra Kurniawan Naik Private Jet Kunjungi Rumah Yosua

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 14:54 WIB
Brigjen Hendra Kurniawan menjalani sidang perdana kasus pembunuhan Yosua Hutabarat. Hendra didakwa merintangi penyidikan kasus pembunuhan Yosua Hutabarat.
Mantan Karo Paminal Divisi Propam Polri, Hendra Kurniawan (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Mantan Karo Paminal Propam Polri Hendra Kurniawan mengungkap alasannya memakai private jet saat mengunjungi keluarga Brigadir Yosua Hutabarat (Josua) di Jambi. Hendra menyebutkan saat itu tiket pesawat menuju Jambi sudah habis.

Hal itu diungkap oleh Hendra saat bersaksi di sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di PN Jaksel, Selasa (6/12/2022).

Mulanya, Hendra mengaku diperintah Sambo untuk mengunjungi keluarga Yosua di Jambi seusai penembakan di rumah dinas Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel). Hendra berangkat bersama beberapa pejabat di Biro Paminal, Biro Provos, beserta penyidik.

"Diperintahkan FS untuk mengunjungi keluarga?" tanya hakim.

"Iya," kata Hendra.

"Iya saudara tadi sudah sampaikan. Perintahnya saudara FS bagaimana berkaitan keluarga korban?" tanya hakim.

"Pergi berangkat ke Jambi, dijelaskan. Saya izin sama Pak FS untuk berangkat ke Jambi itu, ada dari Biro Provos, ada dari Biro Paminal, kemudian ada juga dari penyidik untuk menjelaskan pergi ke sana. (Ferdy Sambo katakan) 'Silakan saja', makanya yang berangkat saya, Pak Santo, Agus, sama penyidik, beserta beberapa anggota," kata Hendra.

Hendra Kurniawan mengatakan Agus diberi tugas untuk mencari tiket ke Jambi. Namun, kala itu, menurut Hendra, tiket penerbangan ke Jambi sudah penuh hingga akhirnya berinisiatif untuk mencari tahu soal private jet.

"Kami berangkat di hari Senin. Sebelum berangkat di hari Senin itu. Di sana saya, Agus memberi tahu, untuk menegaskan sebelumnya sempat untuk mencari tiket dulu," jelas Hendra.

"Karena tiket nggak ada, adanya di pagi hari sama ada di siang. Begitu sore sudah penuh, penerbangan ke sana itu ada Garuda, Batik Air, dan Lion. Jadi coba cari tahu menggunakan private jet," imbuh dia.

Hendra Kurniawan kemudian memutuskan memakai private jet mengunjungi keluarga Yosua. Hendra mengaku baru melaporkan memakai private jet ke Ferdy Sambo saat hendak berangkat ke Jambi.

"Saudara menggunakan private jet itu atas seizin Ferdy Sambo?" tanya hakim.

Simak video 'Hendra Kurniawan Curhat Bagaimana Rasanya Dibohongi Sambo':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelasan Hendra soal private jet selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT