Sahkan Yudo Jadi Panglima TNI, DPR Akan Gelar Rapat Paripurna Tunggal

ADVERTISEMENT

Sahkan Yudo Jadi Panglima TNI, DPR Akan Gelar Rapat Paripurna Tunggal

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 14:31 WIB
Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono menjalani uji kelayakan atau fit and proper tes calon Panglima TNI di DPR. Dia mengacungkan jempol.
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Leodewijk F Paulus mengatakan pihaknya bakal menggelar rapat paripurna tunggal dalam waktu dekat ini. Rapat itu dijadwalkan khusus sebagai pengesahan Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI.

"Kita kan sudah punya jadwal ya, insyaallah kita setelah ini masih ada dua rapurna lagi. Insyaallah dalam waktu dekat ya, kita akan rapurnakan. Jadi acara tunggal hanya untuk Panglima TNI ya, rapurna tunggal," kata Leodewijk kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (6/12/2022).

Leodewijk menyebut jadwal rapat paripurna mendatang itu termasuk penutupan. Rencananya, lanjut Leodewijk, rapat paripurna tunggal itu bakal digelar minggu depan.

"Iya penutupan, termasuk kita lihat ada surat-surat masuk yang itu tentunya akan kita bahas lagi. Tetapi untuk nanti rapurna khusus untuk pengesahan Panglima TNI, itu hanya satu rapurna untuk khusus Panglima TNI, acara tunggal," tutur Leodewijk.

"Insyaallah minggu depan kali ya, insyaallah ya. Biasanya kita juga nyari hari-hari baiklah," sambungnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR telah menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Hal itu diputuskan setelah Yudo menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Panglima TNI, Jumat (2/12).

Keputusan itu diumumkan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sekaligus yang memimpin proses uji kelayakan tersebut. Uji kelayakan itu digelar di ruang rapat Komisi I DPR.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono," kata Meutya mengetok palu tanda persetujuan.

(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT