Jokowi Ingatkan Cuaca Ekstrem Jelang Akhir Tahun: Optimalkan Mitigasi

ADVERTISEMENT

Jokowi Ingatkan Cuaca Ekstrem Jelang Akhir Tahun: Optimalkan Mitigasi

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 14:31 WIB
Presiden Jokowi minta jajaran waspadai cuaca ekstrem dan siapkan antisipasi serta mitigasi bencana.
Presiden Jokowi minta jajaran kabinet mewaspadai cuaca ekstrem dan menyiapkan antisipasi serta mitigasi bencana. (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan ancaman cuaca ekstrem menjelang akhir tahun. Dia meminta semua pihak memaksimalkan peringatan dini dan mitigasi bencana.

Hal itu disampaikan Jokowi saat rapat kabinet di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2022). Jokowi meminta semua pihak memberikan perhatian terkait hal itu.

"Di penghujung tahun 2022 memasuki tahun 2023 ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Pertama, antisipasi guncangan cuaca ekstrem dan yang berkaitan dengan keselamatan lalu lintas," kata Jokowi.


"Agar kita semua memberikan perhatian memaksimalkan informasi cuaca dari BMKG sebagai peringatan dini, dan juga mitigasi bencana di seluruh daerah yang memiliki potensi bencana terus diperhatikan," lanjutnya.

Jokowi meminta semua pihak menyiapkan segala antisipasi dan mitigasi terhadap bencana yang ada. Dia pun meminta agar bantuan disegerakan terhadap wilayah terdampak bencana.

"Dan memastikan negara betul betul hadir, segerakan bantuan kemanusiaan," ucapnya.

Selain itu, Jokowi meminta agar rekonstruksi wilayah terdampak bencana disegerakan jika keadaan sudah memungkinkan.

"Dan juga segerakan rekonstruksi bangunan yang terdampak gempa maupun bencana lainnya apabila keadaan memungkinkan untuk segera dimulai," ujarnya.

(eva/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT