11 Rumah dan Vila di Ciampea Bogor Rusak Diterjang Angin Kencang

ADVERTISEMENT

11 Rumah dan Vila di Ciampea Bogor Rusak Diterjang Angin Kencang

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Senin, 05 Des 2022 09:42 WIB
Ilustrasi Hujan Deras Angin Kencang Genangan Air
Ilustrasi hujan deras dan angin kencang. (Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi/detikcom)
Bogor -

Hujan deras disertai angin kencang melanda kawasan Desa Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, kemarin sore. Akibatnya, sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

"Jenis kejadian angin kencang dan rumah ambruk, terima laporan pada hari Minggu (4/12) pukul 17.30 WIB oleh staf desa," kata Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaluddin melalui keterangannya, Senin (5/12/2022).

Peristiwa itu sendiri terjadi pada hari Minggu (4/12) sekitar pukul 15.30 WIB sore. Menerima laporan tersebut, anggota BPBD segera menuju lokasi untuk melakukan asesmen kebencanaan.

"Disebabkan hujan yang disertai angin kencang sehingga berdampak pada beberapa unit rumah mengalami kerusakan di wilayah tersebut," ungkapnya.

Ada 11 rumah warga yang rusak akibat angin kencang tersebut. Kesebelasnya berada di kawasan Kampung Waru.

"Rincian berdasarkan dampak kaji cepat 5 rumah berisi 26 jiwa di RT 05/03 rusak ringan, 2 rumah berisi 11 jiwa di RT 05/02 rusak ringan dan 1 rumah ambruk berisi 3 jiwa, dan 4 rumah berisi 19 jiwa di RT 04/01 rusak ringan," jelasnya.

Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian itu. Selain rumah warga, sejumlah fasilitas umum juga rusak diterjang angin kencang.

"Fasilitas umum yang terdampak 1 unit bangunan vila dan unit bangunan majelis," ucapnya.

Situasi akhir hasil asesmen diketahui sebagian rumah sudah ada yang diperbaiki. Pohon yang tumbang akibat angin kencang juga sudah dievakuasi.

"Diperkirakan hasil analisa anggota di lokasi yaitu secara keseluruhan kerusakan yang terjadi pada bagian atap bangunan," pungkasnya.

Simak juga 'Sejumlah Wilayah RI Diguncang Gempa Tengah Malam Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT