Heru Budi Minta Dishub Tertibkan Parkir Liar di DKI!

ADVERTISEMENT

Heru Budi Minta Dishub Tertibkan Parkir Liar di DKI!

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 12:43 WIB
Sejumlah kendaraan tampak terparkir di badan jalan kawasan Pasar Senen, Jakarta. Seperti apa potretnya?
Ilustrasi parkir liar (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Jakarta Heru Budi Hartono angkat bicara soal parkir liar yang diduga meraup untung ratusan miliar rupiah setahun. Heru menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) menertibkan parkir liar.

"Soal parkir liar saya sudah tugaskan Dishub melakukan penertiban," kata Heru Budi setelah meninjau Pasar Induk Kramat Jati di Jakarta Timur, Selasa (6/12/2022).

Heru menyebut penertiban parkir liar telah dilakukan sejak kemarin. Namun, ia tidak menjelaskan secara spesifik lokasi penertiban.

"Kemarin siang sudah dilakukan," jelasnya.

Pemprov DKI Diminta Audit Parkir Liar

Diberitakan sebelumnya, Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor menyoroti praktik parkir liar di Jakarta. Dia memperkirakan parkir liar di Jakarta dapat meraup untung hingga ratusan miliar setiap tahun.

Tigor mencontohkan biaya parkir liar di sekitar Grand Indonesia, Jakarta Pusat, mencapai Rp 10 ribu per sepeda motor. Apabila setiap hari ada 5.000 sepeda motor, juru parkir (jukir) dapat meraup untung hingga miliaran rupiah dalam kurun setahun.

"Kalau kita lihat semua kawasan parkir liar di sekitar Grand Indonesia itu banyak sekali dan diisi ribuan sepeda motor. Bisa dibayangkan betapa besarnya pendapatan parkir liar di kawasan sekitar Grand Indonesia. Misalnya saja ada sekitar 5.000 sepeda motor setiap hari yang parkir di sana maka pendapatannya ada Rp 50 juta sehari, Rp 1,5 miliar sebulan, dan Rp 18 miliar dalam setahun," kata Azas dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12).

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Tanah Bergerak Intai Jakarta, Heru: Mudah-mudahan Tak Terjadi':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT