Mencuat Beda Kuat dan Ricky dengan Eliezer soal Tembak atau Hajar Chad

ADVERTISEMENT

Mencuat Beda Kuat dan Ricky dengan Eliezer soal Tembak atau Hajar Chad

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 08:02 WIB
Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Maruf jalani sidang lanjutan di PN Jaksel. Mereka saling memberikan kesaksian.
Kuat Ma'ruf, Richard Eliezer, dan Ricky Rizal (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pernyataan Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal berbeda dengan Bharada Richard Eliezer soal perintah Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat. Eliezer menyebut perintah yang diberikan merupakan tembak. Lantas bagaimana kesaksian Kuat dan Ricky?

Dalam perjalanan kasus ini, memang awalnya disebutkan bahwa perintah Sambo ke Eliezer adalah 'Woy tembak woy'. Namun pihak Sambo menepis bahwa saat itu perintahnya kepada Eliezer adalah 'hajar Chad', yang ditujukan untuk menghajar Yosua, yang dituding telah melakukan pelecehan seksual kepada istri Sambo, Putri Candrawathi.

Dalam sidang lanjutan perkara ini, Kuat bersaksi untuk terdakwa Eliezer dan Ricky Rizal di PN Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022). Kuat Ma'ruf menyebut mendengar Sambo memerintahkan 'hajar Chad'.

Perintah itu disebut Kuat dikatakan Sambo setelah memarahi Yosua. Menurut Kuat, setelah Sambo memberikan perintah hajar, lantas Richard Eliezer menembak Yosua.

"Yosua lagi ngadep ke sini. Bapak marah-marah. Saya geser, tuh. Bapak lagi marah. Yos bilang, 'Apa, apa?' Saya geser ke dekat kompor, saya dengar 'Hajar Chad, hajar Chad'. Ditembak sama Richard, nggak tahu berapa (kali). Yosua tengkurap di samping tangga," ucap Kuat.

Ricky Tak Dengar Sambo Perintahkan Tembak

Hal berbeda disampaikan oleh Bripka Ricky Rizal. Ia mengaku tidak mendengar Richard Eliezer diperintahkan Sambo untuk menembak Yosua di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga.

Ricky menyebutkan, sebelum penembakan, dia mendengar Yosua bertanya 'Ada apa, Pak', namun Sambo memintanya jongkok. Setelah itu, sebut Ricky, Eliezer langsung menembak ke arah Yosua.

"Faktanya yang terjadi di Duren Tiga?" tanya hakim Wahyu.

"Waktu itu saya sebentar, Bapak seperti ini terus Yosua itu 'Apa, Pak, ada apa, Pak?'" kata Ricky.

"Kemudian Saudara Richard langsung tembak?" tanya hakim.

"Siap," jawab Ricky.

"Benar, kan?" tanya hakim lagi.

"Waktu itu Pak Ferdy Sambo saya belum lihat, (ada suara) 'jongkok, jongkok'," jawab Ricky.

"Kemudian Richard menembak?" tanya hakim.

"Menembak," jawab Ricky.

Simak Video 'Pengakuan Ricky Rizal-Kuat Ma'ruf yang Bikin Hakim Geram':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT