Berlanjut Liga 1 Tanpa Penonton tapi Tragedi Kanjuruhan Tetap Diusut

ADVERTISEMENT

Berlanjut Liga 1 Tanpa Penonton tapi Tragedi Kanjuruhan Tetap Diusut

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 06:00 WIB
Jakarta -

Pemerintah memutuskan untuk kembali melanjutkan Liga 1 musim 2022 tanpa penonton. Pemerintah juga memastikan bahwa pengusutan Tragedi Kanjuruhan akan tetap dilakukan.

"Pemerintah putuskan kembali gulirkan Liga 1 tanpa penonton," kata Menko Polhukam Mahfud Md dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Liga 1 diputuskan kembali digulirkan setelah kepolisian mengeluarkan izin.

Sementara itu, Mabes Polri telah mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa perizinan penyelenggaraan kegiatan olahraga dikeluarkan dari pihak keamanan di level daerah kemudian ke pusat.

Dalam kaitannya dengan kelanjutan putaran pertama Liga 1 2022/2023, pada Jumat malam (2/12), PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mendapatkan surat rekomendasi dari pihak kepolisian.

Kompetisi Liga 1 2022/2023 direncanakan dilaksanakan dengan sistem bubble. Digelar di Bantul (Stadion Sultan Agung), Sleman (Stadion Maguwoharjo), Magelang (Stadion M. Soebroto), Solo (Stadion Manahan), dan Semarang (Stadion Jatidiri).

Pengusutan Tragedi Terus Berlanjut

Mahfud Md memastikan proses hukum terkait Tragedi Kanjuruhan terus berjalan. Pengusutan akan dilakukan sesuai dengan aturan.

"Proses-proses hukum yang sedang berjalan, akan terus berjalan sesuai proses hukum yang berlaku," ujar Mahfud.

Mahfud menyebutkan reformasi persepakbolaan nasional terus berlangsung. Hal ini sesuai dengan kesepakatan dalam pembicaraan yang dilakukan oleh pemerintah dan FIFA.

"Adapun follow up temuan tim pencari fakta, itu hampir semuanya berjalan," kata Mahfud.

Rekomendasi itu mulai dari keamanan, hingga perbaikan stadion. Kini, sejumlah stadion tengah direnovasi agar memenuhi standar keamanan yang berlaku.

"Untuk bidang keamanan sekarang Kapolri sekarang sudah mengeluarkan perpol dan itu menjadi rekomendasi utama TGIPF, stadion-stadion sudah mulai dibangun, disiapkan untuk direnovasi agar memenuhi standar," jelasnya.

Simak selengkapnya pada halaman berikut.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT