Kapolri Keluarkan Perpol 10/2022, Pastikan Pengamanan Liga 1 Maksimal

ADVERTISEMENT

Kapolri Keluarkan Perpol 10/2022, Pastikan Pengamanan Liga 1 Maksimal

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 05 Des 2022 16:54 WIB
Polisi bersiaga untuk mengamankan sekitar lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (12/11/2022). Sekitar 9.700 orang personel Polri dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang. ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf/nym.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung kompetisi Liga 1 digulirkan kembali. Dia mengatakan Polri sudah mengeluarkan Perpol Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Olahraga agar pengamanan pertandingan olahraga maksimal, termasuk pertandingan sepakbola.

"Menambahkan dari apa yang tadi sudah disampaikan Bapak Menko (Menko Polhukam Mahfud Md) dan Menpora (Zainuddin Amali), tentunya dari Polri, dari awal sangat mendukung kompetisi, iklim kompetisi, dan kegiatan olahraga khususnya sepakbola di Indonesia," ujar Sigit dalam jumpa pers terkait Liga 1 di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat (Jakpus), Senin (5/12/2022).

Sigit mengatakan, belajar dari Tragedi Kanjuruhan, telah dilakukan evaluasi, dari sisi penyelenggaraan, kesiapan stadion, hingga sistem pengamanan. Evaluasi, menurut Sigit, dilakukan sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terkait adanya peristiwa beberapa waktu yang lalu di Kanjuruhan, dan kemudian ada perintah dari Bapak Presiden untuk melakukan evaluasi secara tuntas, baik dari sistem penyelenggaraan, kemudian kesiapan dari stadion, dan juga sistem pengamanan," tutur Sigit.

"Maka kami telah melakukan rapat koordinasi beberapa kali dengan kementerian terkait untuk melakukan perbaikan, sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden. Termasuk khusus Polri, beberapa waktu lalu telah mengeluarkan Perpol 10 Tahun 2022, terkait dengan pengamanan olahraga," sambung Sigit.

Sigit menjelaskan, Perpol tentang Pengamanan Olahraga itu juga mengatur soal pengamanan pertandingan sepakbola. Dalam perpol tersebut, dijabarkan hasil evaluasi pengamanan pertandingan bola dari kegiatan polisi sebelum, saat pelaksanaan, dan pasca-pengamanan pertandingan sepakbola.

"Dan khusus di dalamnya, mengatur juga terkait dengan pengamanan penyelenggaraan sepakbola. Tentunya di dalamnya ada beberapa perbaikan, baik terhadap sistem evaluasi, sistem perizinannya, kemudian metode dan kesiapan dari rangkaian pengamanan mulai dari sebelum, pada saat pelaksanaan kegiatan dan pascakegiatan," papar Sigit.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT