Asa Puan bagi Pebisnis Muda: Bangun Daya Saing & Perkuat Ekonomi RI

ADVERTISEMENT

Asa Puan bagi Pebisnis Muda: Bangun Daya Saing & Perkuat Ekonomi RI

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 05 Des 2022 17:36 WIB
Puan Maharani di Munas HIPMI
Foto: DPR RI
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pengusaha muda merupakan komponen bangsa yang turut menggerakkan roda serta pertumbuhan ekonomi. Karenanya, ia berharap para pengusaha muda bisa bekerja sama, bergotong royong dalam membangun kemajuan bangsa.

Hal tersebut ia sampaikan saat mengisi diskusi dalam Musyawarah Nasional ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11). Dalam kesempatan tersebut, Puan mengungkapkan kemajuan bangsa dan negara tidak hanya dicapai oleh kinerja pemerintah saja, tapi diperlukan kerja sama dari seluruh komponen dan anak bangsa.

"HIPMI, sebagai komponen bangsa yang ikut menggerakkan roda ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, juga diharapkan dapat ikut kerja bersama, bergotong royong, membangun kemajuan Indonesia," ujar Puan dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12/2022).

Karenanya, Puan berharap HIPMI dapat berperan aktif dalam pemulihan dan membangun ekosistem dunia usaha nasional. Terlebih, mengingat HIPMI merupakan tempat berkumpulnya generasi muda calon pemimpin bangsa dan berjiwa pengusaha.

"Oleh karenanya, HIPMI juga harus dapat membangun kekuatan daya saing, menciptakan pengusaha-pengusaha, anak-anak muda yang cerdas, kreatif, inovatif dan dapat menciptakan ekosistem usaha yang profesionalitas sehingga dapat memperkuat ekonomi bangsa ke depan," ungkapnya.

"Karena ketika saya melihat HIPMI maka saya seperti melihat bagian penting dari wajah masa depan ekonomi Indonesia. Bahkan HIPMI juga sudah menjadi pemain penting dalam menjaga dan membangkitkan ekonomi Indonesia di masa sekarang," sambungnya.

Puan menyebut pengusaha merupakan komunitas yang berani mengambil keputusan dan mengambil risiko. Sebab, setiap usaha selalu dimulai dari keberanian menjalankan usaha dan menanggung risikonya. Apalagi, HIPMI memiliki moto 'Pengusaha Pejuang-Pejuang Pengusaha'.

"Moto tersebut bermakna bahwa kader-kader HIPMI tidak saja diharapkan menjadi pengusaha nasional yang tangguh tetapi juga menjadi pengusaha yang berwawasan kebangsaan dan memiliki kepedulian terhadap kesejahteraan rakyat," ucapnya.

Di sisi lain, Puan yakin kader-kader HIPMI adalah figur yang tidak gentar dengan ancaman resesi dunia. Ia percaya kader HIPMI terus berwaspada dan merasa tertantang untuk mencari solusi dari ancaman gejolak ekonomi global.

"Karena kader HIPMI itu bukan pengusaha biasa tetapi Pengusaha Pejuang, Pejuang Pengusaha. Artinya kalau ada hambatan, ada tantangan maka tidak gentar, tidak takut lalu mundur, tetapi maju terus," tutur Puan.

"Serta dapat mengantisipasi gejolak ekonomi global yang akan memperlemah perekonomian global dan nasional pada tahun 2023," tambahnya.

Puan pun menegaskan DPR RI akan ikut bersinergi dalam memperkuat pembangunan dunia usaha nasional bagi perekonomian bangsa sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi rakyat.

"Kemitraan HIPMI dan Pemerintah, diharapkan akan dapat mempercepat terwujudnya ekosistem usaha yang kondusif, sehingga dunia usaha nasional dapat mengambil kesempatan pertama dalam membangun penguasaan pasar dalam negeri," urainya.

"Berhimpunnya pengusaha muda dalam HIPMI, dimaksudkan agar dapat mewujudkan dunia usaha Indonesia yang kuat dan berdaya saing. HIPMI, Pengusaha Pejuang-Pejuang Pengusaha, untuk Kemajuan Indonesia," pungkas Puan.

(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT