Menpora Beberkan Alasan Liga 1 Harus Kembali Dilanjutkan

ADVERTISEMENT

Menpora Beberkan Alasan Liga 1 Harus Kembali Dilanjutkan

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 05 Des 2022 17:33 WIB
Pemerintah memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 musim 2022. Hal itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta.
Liga 1 Kembali Bergulir (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah kembali menggulirkan Liga 1 tanpa penonton. Menpora Zainudin Amali membeberkan sejumlah alasan Liga 1 harus dilanjutkan.

"Kompetisi ini sangat dibutuhkan oleh tim nasional kita karena kita tahu bahwa kita sebentar lagi akan menghadapi AFF, kita akan main di Piala AFF. Kemudian yang kedua, persiapan kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, FIFA World Cup Under 20 tahun 2023," ujar Zainudin di kantor Kemenko Polhukam RI, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

Dia mengatakan saat ini pemain timnas tengah dalam pelatihan intens oleh Shin Tae-Yong (STY). Namun, menurutnya, tidak memungkinkan hanya dilakukan pelatihan tanpa kompetisi.

"Di situlah dibutuhkan kompetisi dan mereka mendapatkan atmosfer berkompetisi selayaknya kompetisi secara benar. Sebab kalau hanya uji tanding atau try out, katakanlah ke luar negeri, itu tidak seperti atmosfer kompetisi," ucap Zainudin.

"Maka akhirnya itu yang menjadi pertimbangan pemerintah setelah didiskusikan dan kemudian tadi Pak Menko menyampaikan rekomendasi dari TGIPF sudah berjalan tentu akan dipantau terus oleh pemerintah. Oleh Pak Menko khususnya, dan tugas dari masing-masing kementerian lembaga sesuai dengan rekomendasi itu sudah melakukan berbagai hal," sambungnya.

Dia berharap sepakbola Indonesia semakin baik dengan sistem tata kelola yang baru. Baik dalam pengelolaan kompetisi, pembinaan, maupun lainnya.

"Pemerintah meyakini dengan tata kelola yang baik insyaallah akan hasilnya juga menjadi baik," kata dia.

Pemerintah Izinkan Liga 1 Tetap Bergulir

Menko Polhukam Mahfud Md memastikan Liga 1 bergulir tanpa penonton. Meski begitu, proses hukum terkait Tragedi Kanjuruhan terus berjalan.

"Proses-proses hukum yang sedang berjalan, akan terus berjalan sesuai proses hukum yang berlaku," ujar Mahfud di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Mahfud menyebutkan reformasi persepakbolaan nasional terus berlangsung. Hal ini sesuai dengan kesepakatan dalam pembicaraan yang dilakukan oleh pemerintah dan FIFA.

"Adapun follow up temuan tim pencari fakta, itu hampir semuanya berjalan," kata Mahfud.

Rekomendasi itu mulai dari keamanan hingga perbaikan stadion. Kini, sejumlah stadion tengah direnovasi agar memenuhi standar keamanan yang berlaku.

"Untuk bidang keamanan sekarang Kapolri sekarang sudah mengeluarkan perpol dan itu menjadi rekomendasi utama TGIPF, stadion-stadion sudah mulai dibangun, disiapkan untuk direnovasi agar memenuhi standar," jelasnya.

(ain/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT