Ricky Ngaku Tak Dengar Perintah Sambo Tembak Yosua, Eliezer: Tak Mungkin!

ADVERTISEMENT

Ricky Ngaku Tak Dengar Perintah Sambo Tembak Yosua, Eliezer: Tak Mungkin!

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 05 Des 2022 17:21 WIB
Kapan Sidang Lanjutan Bharada E? Jadwal dan Daftar Saksi
Bharada Richard Eliezer (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta -

Bripka Ricky Rizal mengaku tidak mendengar Ferdy Sambo memerintahkan Bharada Richard Eliezer untuk menembak Brigadir N Yosua Hutabarat. Pengakuan itu ditepis Eliezer, dia yakin Ricky mendengar hal tersebut karena jaraknya yang dekat.

"Tentang Duren Tiga, Ricky tidak mendengar dalam jarak sedekat itu, mungkin mendengar, tapi nggak mau bicara, tapi terserah Bang Ricky Yang Mulia," kata Eliezer menanggapi kesaksian Ricky di PN Jaksel, Senin (5/12/2022).

Eliezer menilai sangat tidak mungkin Ricky tidak melihat Ferdy Sambo menembak Yosua karena jaraknya berdekatan. Begitupun dengan sarung tangan yang dikenakan Ferdy Sambo saat mengeksekusi Yosua, Eliezer yakin Ricky melihatnya.

"Sarung tangan itu kalau tidak melihat saya rasa tidak masuk akal saja Yang Mulia. Terakhir tentang FS menembak, tidak melihat menembak dengan jarak sedekat itu, sangat tidak mungkin," ujarnya.

Lebih lanjut, Eliezer juga menyanggah kesaksian Ricky yang menyebut tidak pernah bercerita kepada soal rencana menabrakkan mobil saat menuju Jakarta dari Magelang. Saat itu diceritakan Ricky berusaha menyasar Yosua yang sedang tertidur.

"Jadi saat itu Ricky menyampaikan ke saya. Jadi posisi di lantai 2 Yang Mulia, dan itu memang cuman saya dan Ricky, tidak ada saksi lain Yang Mulia. Bang Ricky sempat mengatakan ke saya tentang rencana mau menabrakkan itu. Saya menanggapi itu 'wah kalau Abang menabrakkan, Abang celaka juga' itu sempat terpotong karena ibu sama x Kuat datang," jelasnya.

Dalam dakwaan jaksa, Yosua ditembak oleh Eliezer dan Ferdy Sambo. Ricky Rizal, Putri Candrawathi, dan Kuat Ma'ruf juga didakwa bersama-sama Sambo.

Para terdakwa didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

(zap/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT