Jumat, Polisi Umumkan Hasil Akhir Penyelidikan Kasus Keluarga Kalideres

ADVERTISEMENT

Jumat, Polisi Umumkan Hasil Akhir Penyelidikan Kasus Keluarga Kalideres

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 05 Des 2022 16:37 WIB
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi dan tim melakukan olah TKP di rumah mayat sekeluarga di Jakbar.
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi dan tim melakukan olah TKP di rumah mayat sekeluarga di Jakbar. (Rumondang Naibaho/detikcom)
Jakarta -

Pihak kepolisian telah mengantongi penyebab kematian satu keluarga Kalideres, Jakarta Barat. Polisi akan mengumumkan hasil penyelidikan kasus itu pada akhir pekan ini.

"Tim penyidik dan tim ahli bersepakat bahwa rilis akan dilaksanakan pada Jumat (9/12) sore di ruang rilis Ditreskrimum Polda Metro Jaya," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi dalam keterangan kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Penyelidikan kasus tewasnya satu keluarga di Kalideres ini telah berlangsung selama hampir satu bulan. Empat orang dalam satu keluarga itu ditemukan tewas pada Kamis (10/11).

Polisi lalu melakukan serangkaian penyelidikan. Sejumlah tim ahli dari psikologi forensik, kedokteran forensik, hingga sosiolog agama dilibatkan.

Hengki Haryadi mengatakan, dari serangkaian penyelidikan penyidik dan tim ahli itu, kesimpulan dari penyebab kematian keluarga Kalideres ini telah berhasil dikantongi penyidik.

"Hasil analisa dan evaluasi hari ini antara tim penyidik bersama tim gabungan ahli kedokteran forensik dan laboratorium forensik sudah ditemukan sebab-sebab kematian. Didukung oleh fakta-fakta yang scientific," jelas Hengki Haryadi.

Selain itu, penyelidikan melalui pendekatan psikologi forensik menemukan kecocokan data dengan temuan kedokteran forensik. Hengki menyebutkan tiap bukti yang ditemukan di lokasi dengan keterangan saksi dan para ahli telah menghasilkan satu kesimpulan dari kasus kematian keluarga di Kalideres.

"Artinya metode penyelidikan induktif dari olah TKP, bukti-bukti materiil yang ada di TKP serta penyelidikan deduktif berupa keterangan saksi-saksi serta petunjuk di luar TKP saling mendukung dan memperoleh keidentikan satu sama lain sehingga menjadi suatu kesimpulan," tutur Hengki.

Simak video 'Polisi Akan Ungkap Kasus Sekeluarga Tewas di Kalideres Sebelum 6 Desember':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT