Apa Penyebab Erupsi Gunung? Cek Penjelasannya di Sini

ADVERTISEMENT

Apa Penyebab Erupsi Gunung? Cek Penjelasannya di Sini

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 05 Des 2022 13:10 WIB
Apa penyebab erupsi gunung? Erupsi merupakan letusan dari gunung api yang aktif. Biasanya, erupsi berbentuk lava, gas, abu, dan lain-lain.
Ilustrasi / Peristiwa erupsi gunung api (Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta -

Apa penyebab erupsi gunung? Peristiwa erupsi merupakan letusan dari gunung api yang aktif. Saat gunung berapi mengalami erupsi, biasanya mengeluarkan material-material berupa lava, gas, abu, batu, dan lain-lain.

Erupsi juga menimbulkan abu yang cukup besar dan berdampak bagi masyarakat yang tinggal di sekitaran gunung berapi. Berikut penjelasan tentang erupsi gunung api.

Apa Penyebab Erupsi Gunung? Simak Pengertiannya

Menurut situs Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), erupsi adalah peristiwa keluarnya magma dari gunung api menuju permukaan bumi. Erupsi yang dikeluarkan bisa secara efusif maupun eksplosif.

Erupsi efusif terjadi di mana lava keluar secara perlahan dan mengalir tanpa diikuti dengan suatu ledakan, sedangkan erupsi eksplosif adalah magma yang keluar dari gunung api dalam bentuk ledakan dan terbentuk endapan piroklastik.

Dilansir situs resmi Institut Teknologi Bandung (ITB), ada tiga penyebab erupsi gunung api, yaitu:

  • Volume di dapur magma sudah penuh
  • Adanya longsoran di dapur magma yang disebabkan terjadinya pengkristalan magma
  • Faktor curah hujan yang cukup tinggi. Abu vulkanik yang menahan di puncaknya terkikis oleh air, sehingga gunung api kehilangan beban. Meskipun isi dapur magmanya sedikit, namun gunung api tetap bisa erupsi.
Apa penyebab erupsi gunung? Erupsi merupakan letusan dari gunung api yang aktif. Biasanya, erupsi berbentuk lava, gas, abu, dan lain-lain.Apa penyebab erupsi gunung? Erupsi merupakan letusan dari gunung api yang aktif. Biasanya, erupsi berbentuk lava, gas, abu, dan lain-lain. (Foto: ANTARA FOTO/IWAN)

Dampak Erupsi Gunung Api

Bahaya yang ditimbulkan dari erupsi gunung api secara umum ada dua, yaitu secara primer dan sekunder. Berikut penjelasan keduanya.

  • Bahaya primer: Berkaitan dengan saat gunung meletus, seperti letusan ialah aliran lava, wedus gembel, dan abu vulkanik.
  • Bahaya sekunder: Terjadi setelah gunung api tersebut meletus. Salah satu bahaya sekunder adalah banjir bandang atau lahar setelah erupsi gunung api.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Semeru Erupsi, Pimpinan DPR Minta Pemerintah Lakukan Mitigasi Bencana':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT