Kemunculan Perdana Jet Pengebom Nuklir Siluman Terbaru Negeri Paman Sam

ADVERTISEMENT

Kemunculan Perdana Jet Pengebom Nuklir Siluman Terbaru Negeri Paman Sam

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 04 Des 2022 06:32 WIB
Northrop Grumman unveils the B-21 Raider, a new high-tech stealth bomber developed for the U.S. Air Force, during an event in Palmdale, California, U.S., December 2, 2022. REUTERS/David Swanson
Jet Pengebom Nuklir Siluman milik AS (Foto: REUTERS/David Swanson)
Jakarta -

Amerika Serikat (AS) kembali meluncurkan produk terbaru dari salah satu angkatan militernya. Terkini, Angkatan Udara AS meluncurkan pesawat pengebom dengan teknologi paling mutakhir.

Pesawat pengebom siluman itu dinamakan B-21 Raider. Jet canggih itu diluncurkan pada Jumat (2/12) waktu setempat.

Pesawat itu diproyeksikan mengudara mulai tahun depan. B-21 Raider diyakini memiliki kemampuan lebih canggih dari para pesawat tempur pendahulunya seperti B-1 dan B-2.

Telan Biaya Rp 10 Triliun

Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) akan meluncurkan pesawat pengebom siluman berteknologi tinggi terbaru, B-21 Raider pada Jumat (2/12) waktu setempat. Pesawat pengebom siluman terbaru ini disebut bisa membawa senjata nuklir dan konvensional, serta dirancang untuk bisa terbang tanpa awak.

Seperti dilansir AFP, Jumat (2/12), B-21 Raider yang merupakan pesawat pengebom terbaru AS dalam beberapa dekade terakhir ini akan secara bertahap menggantikan B-1 dan B-2 yang sudah beroperasi sejak era Perang Dingin.

Pembuatan B-21 dilaporkan menelan biaya hingga nyaris US$ 700 juta (Rp 10,7 triliun) per satu unit pesawat.

"B-21 akan menjadi tulang punggung kekuatan pengebom kita di masa depan. Pesawat itu akan memiliki jangkauan, akses dan muatan untuk menembus lingkungan paling penuh ancaman dan menempatkan target apa pun di seluruh dunia dalam risiko," sebut juru bicara Angkatan Udara AS Ann Stefanek.

Penerbangan pertama B-21 diperkirakan akan dilakukan tahun depan. Stefanek menyatakan Angkatan Udara AS berencana membeli sedikitnya 100 unit pesawat pengebom siluman B-21 Riader.

Produk Terbaru Selama 30 Tahun Terakhir

Jet pengebom siluman terbaru, B-21 Raider, yang mampu membawa senjata nuklir dan mengudara jarak jauh diungkapkan ke publik untuk pertama kalinya pada Jumat (2/12) waktu setempat. Jet pengebom B-21 ini menjadi pesawat pengebom terbaru pertama yang diungkap Amerika Serikat (AS) dalam 30 tahun terakhir.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Sabtu (3/12/2022), jet pengebom B-21 Raider buatan Northrop Grumman Corp dipamerkan ke publik untuk pertama kalinya pada Jumat (2/12) malam waktu setempat setelah pengembangannya dirahasiakan selama bertahun-tahun oleh AS. B-21 Raider menjadi yang pertama dari armada terbaru jenis pesawat pengebom nuklir siluman dengan kemampuan terbang jarak jauh bagi Angkatan Udara AS.

Wujud B-21 Raider dipamerkan ke publik dalam seremoni dramatis yang dijaga ketat di Pabrik 42 Northrop di Palmdale, California. Seremoni itu diawali dengan mengudaranya tiga pesawat pengebom yang masih aktif, yakni B-52 Stratofortress, B-1 Lancer dan B-2 Spirit.

Kemudian pintu hanggar terbuka perlahan dan B-21 Raider ditarik sebagian keluar dari gedung. Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin lantas memperkenalkan jet pengebom siluman itu kepada publik.

"Ini bukan sekadar pesawat biasa. Ini adalah perwujudan dari tekad Amerika untuk mempertahankan republik yang kita semua cintai," sebut Austin.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya:

Saksikan juga Sosok minggu ini: Merawat Hingga Akhir

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT