AS Pamerkan Jet Pengebom Nuklir Siluman Terbaru, Pertama dalam 30 Tahun

ADVERTISEMENT

AS Pamerkan Jet Pengebom Nuklir Siluman Terbaru, Pertama dalam 30 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 14:32 WIB
Northrop Grumman unveils the B-21 Raider, a new high-tech stealth bomber developed for the U.S. Air Force, during an event in Palmdale, California, U.S., December 2, 2022. REUTERS/David Swanson
Jet pengebom nuklir siluman B-21 Raider saat diungkap ke publik untuk pertama kalinya (REUTERS/David Swanson)
Washington DC -

Jet pengebom siluman terbaru, B-21 Raider, yang mampu membawa senjata nuklir dan mengudara jarak jauh diungkapkan ke publik untuk pertama kalinya pada Jumat (2/12) waktu setempat. Jet pengebom B-21 ini menjadi pesawat pengebom terbaru pertama yang diungkap Amerika Serikat (AS) dalam 30 tahun terakhir.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Sabtu (3/12/2022), jet pengebom B-21 Raider buatan Northrop Grumman Corp dipamerkan ke publik untuk pertama kalinya pada Jumat (2/12) malam waktu setempat setelah pengembangannya dirahasiakan selama bertahun-tahun oleh AS.

B-21 Raider menjadi yang pertama dari armada terbaru jenis pesawat pengebom nuklir siluman dengan kemampuan terbang jarak jauh bagi Angkatan Udara AS.

Wujud B-21 Raider dipamerkan ke publik dalam seremoni dramatis yang dijaga ketat di Pabrik 42 Northrop di Palmdale, California. Seremoni itu diawali dengan mengudaranya tiga pesawat pengebom yang masih aktif, yakni B-52 Stratofortress, B-1 Lancer dan B-2 Spirit.

Kemudian pintu hanggar terbuka perlahan dan B-21 Raider ditarik sebagian keluar dari gedung. Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin lantas memperkenalkan jet pengebom siluman itu kepada publik.

"Ini bukan sekadar pesawat biasa. Ini adalah perwujudan dari tekad Amerika untuk mempertahankan republik yang kita semua cintai," sebut Austin.

B-21 menjadi bagian upaya Pentagon untuk memodernisasi ketiga kaki triase nuklir, yang mencakup rudal balistik nuklir yang diluncurkan dari silo dan hulu ledak nuklir yang diluncurkan dari kapal selam, saat AS beralih dari operasi kontraterorisme selama beberapa dekade terakhir kepada misi menghadapi modernisasi militer China yang cepat.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Wujud Bom Paket yang Bikin Spanyol Siaga Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT