KPK Gelar Festival Film Antikorupsi 2022, Ada Tiga Kategori Pemenang

ADVERTISEMENT

KPK Gelar Festival Film Antikorupsi 2022, Ada Tiga Kategori Pemenang

Mulia Budi - detikNews
Minggu, 04 Des 2022 02:40 WIB
Festival Film Antikorupsi 2022
Festival Film Antikorupsi 2022 (Foto: Mulia/detikcom)
Jakarta -

KPK menggelar festival film bertajuk Awarding Night Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2022 di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan. Acara itu digelar untuk mengedukasi masyarakat terkait budaya antikorupsi.

"Jadi dari tahun ke tahun, film, drama, teater itu bukan hanya untuk sarana hiburan tetapi untuk mengedukasi. Oleh karena itu, KPK berharap dengan serial ACFFEST ini, itu adalah bagaimana menggugah insan-insan muda supaya memberikan informasi edukasi dan persuasi dari kalangan muda ke kalangannya sendiri dengan selera sendiri. Itu yang kami harapkan," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (3/12/2022).

Ghufron mengatakan edukasi untuk melestarikan budaya anti korupsi dapat dilakukan melalui berbagai cara. Menurutnya, film merupakan salah satu pendekatan untuk mengedukasi kalangan muda terkait budaya antikorupsi tersebut.

"Jadi mudah-mudahan, pembudayaan antikorupsi tidak bisa hanya dilakukan menggunakan satu lini, kita melakukan pendidikan antikorupsi melalui kurikulum, melalui ormas, melalui parpol, itu sudah kami lakukan. Tetapi juga untuk kalangan-kalangan muda, saya kira perlu juga didekati dengan menggunakan budaya dan juga film salah satunya KPK, ini sejak 2013 sampai 2022 ini kami masih melestarikan," ujarnya.

Dia berharap sineas muda akan lebih berpartisipasi dalam menggaungkan budaya antikorupsi melalui film. Dia menyebut budaya antikorupsi itu dapat dilakukan pada hal sederhana dalam keseharian.

"Sekali lagi untuk meningkatkan, pertama kepada masyarakat pada sineas muda, untuk berpartisipasi. Dan kedua tentu kepada khalayak penontonnya harapannya menjadi informasi, edukasi bahkan persuasif untuk melalukan budaya antikorupsi di mana pun bukan hanya untuk proses di penyelenggaraan pemerintahan, bukan hanya proses ya hal-hal yang selalu kami dapat tangkap tapi maksudnya mulai dari ya keseharian di jalanan antre, di mana misalnya di tempat-tempat kita harus tertib, nah itu salah satu contoh untuk kita melakukan film ini," tuturnya.

Acara ACFFEST ini terbagi menjadi tiga kategori film yaitu kategori film proposal ide cerita, kategori film pendek fiksi, dan kategori film pendek dokumenter. Ghufron pun menceritakan kesannya saat menonton setiap film dalam acara tersebut.

Pada kategori Film Pendek Fiksi dimenangkan oleh film berjudul 'Sedikit' produksi Nirmala Film, Blora. Ghufron menilai film itu memberi pelajaran bahwa korupsi sering dianggap hal kecil yang tanpa disadari bersifat merusak.

"Dari tiga pemenang tersebut yang sangat berkesan kepada saya tadi ada tiga hal. Pertama bahwa korupsi mungkin kelihatannya kecil-kecil tapi kecil-kecil itu kemudian merusak, itu yang pertama yang 'sedikit' itu ya," ujar Ghufron.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT