Alasan Heru Budi Lantik Marullah Matali Jadi Deputi Gubernur DKI

ADVERTISEMENT

Alasan Heru Budi Lantik Marullah Matali Jadi Deputi Gubernur DKI

Rumondang Naibaho - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 10:35 WIB
Jakarta -

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono melantik Marullah Matali menjadi Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata. Heru menjelaskan alasannya melantik Marullah.

"Pak Marullah itu bisa membantu saya lebih luas lagi dan lebih lincah," kata Heru kepada wartawan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2022).

Sebelumnya, Marullah Matali menjabat Sekda DKI. Kini Marullah digantikan Uus Kuswanto sebagai Pj Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

"Selama ini kan kalau jadi Sedka itu memang Sekda adalah tugasnya menyelesaikan internal secara teknis, sehingga Deputi itu kan sekali lagi bisa lebih luas, dan tentunya tugas-tugas nanti dari kami lebih banyak lagi bisa komunikasi kepada pemerintah pusat dan bisa mewakili saya dalam tugas-tugas di luar," jelas Heru.

Diketahui Pemprov DKI memiliki empat Deputi Gubernur. Namun Heru menyebutkan hingga saat ini masih hanya memilih satu deputi.

"Selama ini satu dulu," kata Heru.

Adapun surat pelantikan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 139/TPA Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, pelantikan tersebut juga merujuk pada Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.6/8607/SJ, perihal Persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Khusus Ibukota Jakarta, serta Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1174 Tahun 2022 tentang Pengangkatan sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT