5 Fakta Reuni 212 Dihadiri Habib Rizieq dengan Cara 'Dipaksa'

ADVERTISEMENT

5 Fakta Reuni 212 Dihadiri Habib Rizieq dengan Cara 'Dipaksa'

Ilham Oktafian, Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 05:31 WIB
Habib Rizieq Shihab memberikan tausyiah di reuni 212. Habib Rizieq mengaku awalnya tidak ingin ikut reuni 212 jika dalam bentuk demo.
Reuni 212 dihadiri Habib Rizieq (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Reuni 212 yang digelar di Masjid At-Tin Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, dihadiri oleh Habib Rizieq Shihab. Habib Rizieq sendiri mengaku datang dengan cara 'dipaksa' ke acara itu.

Reuni 212 ini berlangsung pada Jumat (2/12/2022) dini hari hingga pagi menjelang siang. Acara dimulai dengan salat tahajud, setelahnya dilakukan salat subuh berjemaah.

Berikut fakta-fakta Reuni 212:

1. Menantu HRS Sebut Reuni Tak Dicukongi

Menantu Habib Rizieq Shihab (HRS), Habib Hanif Alatas, sempat menegaskan di depan jemaah soal acara Reuni 212 tidak dibiayai siapa pun. Dia menegaskan, kalau ada yang menuding hal tersebut, itu berarti dusta dan bohong.

"Hari ini akan ada 2 sunduk amal, sunduk amal pertama acara kita reuni 212 tidak dimodalin siapa pun Saudara, betul?" kata Hanif Alatas di depan jemaah di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022).

"Betul," jawab para jemaah.

Lalu, Hanif Alatas juga menyebut bohong dan dusta jika ada pihak yang menuding acara Reuni 212 dibiayai.

"Makanya kalau ada yang fitnah Reuni 212 ada yang modalin ada yang cukongi, bohong, dusta, betul?" tegasnya.

"Betul," jawab jemaah lagi.

2. Panitia Tengah Malam 'Paksa' Habib Rizieq

Penanggung Jawab Reuni 212 Yusuf Martak sempat menyampaikan cerita berkaitan dengan kehadiran Habib Rizieq Shihab di Masjid At-Tin. Dia mengaku memaksa Habib Rizieq datang demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya dari semalam hingga pagi tadi, sedikit kurang takzim atau kurang sedikit sopan sama antum, memaksakan antum untuk datang," kata Yusuf Martak saat memberikan ceramah di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12).

Yusuf Martak menyebut dirinya terpaksa memaksa Habib Rizieq datang ke Masjid At-Tin lantaran adanya ancaman dari jemaah. Ancaman tersebut, kata dia, adalah tidak akan meninggalkan Petamburan jika Habib Rizieq tidak datang.

"Saya dengar ada beberapa bus sudah datang ke Petamburan tadi malam dan tidak mau meninggalkan Petamburan. Akhirnya panitia tengah malam rapat mendadak, memutuskan gimana caranya agar jangan sampai terjadi hal-hal negatif yang tidak diinginkan untuk imam besar kita, yang sudah sering terjadi berkali-kali," ucapnya.

Karena itulah, Yusuf Martak mengajak jemaah mengucapkan terima kasih kepada Habib Rizieq. Pasalnya, dia menyebut Habib Rizieq sebetulnya dalam kondisi yang kurang sehat.

"Kita sama-sama ucapkan terima kasih kepada Habib Muhammad Rizieq Shihab yang mau datang ke tempat ini dalam waktu mendesak dan mendadak, sedangkan beliau dalam kondisi kurang sehat karena flu, kecapekan, banyak tamu," ujarnya.

Selengkapnya pada halaman berikut.

Simak Video 'Habib Rizieq Tak Mau Ikut Demo, Ogah Masuk Penjara Lagi':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT