Warga Prihatin SDN Pocin 1 Mau Direlokasi: Di Sini Nggak Kekurangan Masjid

ADVERTISEMENT

Warga Prihatin SDN Pocin 1 Mau Direlokasi: Di Sini Nggak Kekurangan Masjid

Devi Puspitasari - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 21:35 WIB
Akses ke SDN 1 Pocin, Beji, Depok, Jawa Barat, sebelumnya tertutup revitalisasi trotoar Jalan Margonda yang elevasinya lebih tinggi dari gerbang. Kini anak tangga pun dibuat.
Orang tua murid SDN Pocin 1 menolak rencana relokasi sekolah karena di lokasi tersebut akan dibangun masjid. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Depok -

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana merelokasi SDN Pondok Cina (Pocin) 1 dan mendirikan masjid di bekas lahan sekolah tersebut. Warga sekitar SDN Pocin 1 prihatin terhadap nasib para siswa.

Seorang warga bernama Maman (45) sudah mendengar rencana pembangunan masjid di lahan yang saat ini berdiri SDN Pocin. Dia tak mempermasalahkan rencana Pemkot Depok membangun masjid, tetapi dia juga menyoroti penolakan wali murid yang tak ingin anaknya dipindah ke sekolah lain.

"Kalau menurut saya sih sah-sah aja (mendirikan masjid). Cuma yang saya banyak dengar wali murid SD Pocin 1 mengeluh karena anak-anak dipindahkan, jadi disebar ke sekolah lain," kata Maman saat ditemui di lokasi, Jumat (2/12/2022).

Maman menilai masalah pendidikan harus yang diutamakan. Dia mengatakan banyak masjid berdiri di sekitar SDN Pocin 1.

"Menurut saya, karena pendidikan lebih penting dan (wali murid) SD di sini banyak mengeluhkan, jadi ya mungkin lebih baik ke pendidikan dulu, kecuali bangunan baru udah ada," ungkapnya.

Siswa SDN Pocin 1 Depok diajak ortu siswa dan relawan (Dwi Rahmawati/detikcom)Siswa SDN Pocin 1 Depok diajar ortu siswa dan relawan karena para guru sudah tidak datang ke sekolah tersebut sejak pertengahan November (Dwi Rahmawati/detikcom)

"Sebenarnya mesjid di belakang-belakang banyak ya," tambah Maman.

Dia mengatakan sempat ada pro kontra soal rencana pembangunan masjid yang menggantikan bangunan SDN Pocin 1. Namun warga juga menganggap lahan SDN Pocin 1 kurang luas untuk dijadikan masjid raya.

"Nggak banyak warga menanggapi, awal-awalnya banyak yang setuju, ada juga yang nggak setuju, banyak. Karena mungkin ada penggusuran harus lahan gede kalau mesjid agung cuma lahan segini doang buat masjid agung kayaknya nggak mungkin," tutur Maman.

Warga lain bernama Warsono (50) melihat dari sisi sejarah. Dia mengatakan SDN Pocin 1 terkait erat dengan memori masyarakat.

"SD ini dari dulu sudah ada, dari Wali Kota belum lahir, sudah ada ini SD. SD pertama kali yang ada di Depok, ada sesepuh umur 95 tahun waktu SD di sini tapi dulu cuma 3 kelas doang, kata sesepuh di sini," ucap Warsono.

Warsono tidak menolak dibangun masjid di lahan bekas SDN Pocin 1. Namun dia meminta nasib siswa SDN Pocin 1 diperhatikan dengan membangun sekolah baru.

"Mau dibikin masjid, itu terserah pemerintahlah. Yang pasti begini, yang namanya ini manusia ya. Binatang saja mau dipindahin harus disiapin kandang dulu kan gitu, gitu aja udah. Semoga pemerintah mikir-lah, apalagi ini kan nasib manusia," bebernya.

Hal senada disampaikan warga lain bernama Rizky (26). Dia berharap ada bangunan sekolah baru bagi siswa SDN Pocin 1 yang terimbas relokasi.

"Terserah pemerintah, yang penting dibikin gedung dulu jangan ditaruh di sekolah ini, sekolah ini," ujar Rizky.

Dia mengatakan kawasan di sekitar SDN Pocin 1 banyak masjid. "Di sini nggak kekurangan mesjid, di setiap gang ada musalanya, setiap gang ada," tambahnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT