Cerita Pilu Spanduk 'Hari Guru Tanpa Guru' Membentang di SDN Pocin 1

ADVERTISEMENT

Cerita Pilu Spanduk 'Hari Guru Tanpa Guru' Membentang di SDN Pocin 1

Devi Puspitasari - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 19:14 WIB
Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pondok Cina 1 hingga Jumat (9/12). Orang tua (ortu) siswa merasa terusir atas keputusan tersebut. (Devi Puspitasari/detikcom)
Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pondok Cina 1 hingga Jumat (9/12). Orang tua (ortu) siswa merasa terusir atas keputusan tersebut. (Devi Puspitasari/detikcom)
Depok -

Spanduk 'Selamat Hari Guru Tanpa Guru' membentang di halaman SDN Pondok Cina (Pocin) 1, Depok, Jawa Barat (Jabar). Spanduk tersebut menjadi penanda siswa-siswa SDN Pocin 1 sudah ditinggalkan guru-guru.

Pantauan detikcom, Jumat (2/12/2022), spanduk tersebut dipasang di belakang tiang bendera Merah Putih. Di spanduk tersebut, terdapat foto para guru SDN Pocin 1.

Di atas spanduk tersebut terdapat 2 frasa, yaitu 'Selamat Hari Guru' dan 'Tanpa Guru'. Frase 'Tanpa Guru' ditulis pada baris yang berbeda dan menggunakan tinta merah.

Pada bagian spanduk tersebut, terpasang juga spanduk kain berwarna putih. Di atas spanduk berwarna putih itu terdapat sejumlah tanda tangan dari orang tua siswa yang menolak relokasi SDN Pocin 1.

"Menolak sekolah numpang," demikian salah satu kalimat yang ada di atas spanduk putih tersebut.

Relokasi SDN Pondok Cina (Pocin) 1 untuk pembangunan Masjid Raya menimbulkan polemik, Jumat (18/11/2022). Selain itu, para siswa juga harus belajar tanpa guru.Relokasi SDN Pondok Cina (Pocin) 1 untuk pembangunan Masjid Raya menimbulkan polemik, Jumat (18/11/2022). Selain itu, para siswa harus belajar tanpa guru. (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Untuk diketahui, Hari Guru Nasional setiap tahun diperingati pada 25 November.

Koordinator orang tua murid SDN Pocin 1, Ecy Tuasikal, mengatakan guru-guru sudah tak muncul di sekolah sejak pertengahan November 2022. Dia mengatakan guru-guru sudah tidak mengajar siswa SDN Pocin 1 sejak 14 November.

Dia menyayangkan hal tersebut. Sebab, DPRD Depok sudah mengeluarkan rekomendasi agar guru-guru tetap mengajar siswa SDN Pocin 1 pada 14 November. Saat ini murid SDN Pocin 1 diajar oleh relawan hingga orang tua murid.

"Kemudian rekomendasi itu kan pada tanggal 14 November, di tanggal 14 November itu bahwa nanti guru-guru datang mengajar ternyata rekomendasi yang sudah dikeluarkan Komisi D tadi dihiraukan dan tidak diindahkan oleh Pemkot Depok," kata Ecy saat dihubungi, Jumat (2/12/2022).

Ecy mengatakan para siswa SDN Pocin 1 bahkan sudah tidak diajar langsung guru-guru sejak 7 November. Saat itu pihak sekolah mengeluarkan edaran agar siswa menjalani belajar dari rumah (BDR).

Dia mengatakan edaran tersebut keluar bersamaan dengan arahan agar siswa SDN Pocin 1 menjalani kegiatan belajar mengajar di SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5. Hampir sebulan sudah siswa SDN Pocin 1 belajar tanpa pendampingan para guru.

"Sampai hari ini guru-guru tidak mau mengajar karena itu, tadi alasannya bahwa sudah ada perintah dari wali kota dalam Disdik untuk tetap anak-anak kami belajar di Pocin 3 dan 5," ujar dia.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT