Laksamana Yudo Margono Tegaskan TNI Netral di Pemilu 2024

ADVERTISEMENT

Laksamana Yudo Margono Tegaskan TNI Netral di Pemilu 2024

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 21:34 WIB
Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono menjalani uji kelayakan atau fit and proper tes calon Panglima TNI di DPR. Dia mengacungkan jempol.
Laksamana Yudo Margono (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Laksamana Yudo Margono menegaskan prajurit TNI bakal netral menghadapi Pemilu 2024. Hal tersebut dikatakan setelah Komisi I DPR menyetujui pemilihan calon Panglima TNI yang baru.

"Jelas netralitas tadi sudah saya sebutkan di dalam visi-misi saya tadi. Kita tetap netral di Pemilu 2024," kata Yudo di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Yudo menyebut hal tersebut sudah disosialisasikan kepada seluruh anggota. Pihaknya bakal menjaga marwah dan situasi keamanan tetap kondusif.

"Mulai sekarang ini sudah kita tekankan kepada prajurit, kita sosialisasikan kepada prajurit semuanya, kami netral. Dan kita sosialisasikan agar netral," ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Hal itu diputuskan setelah Yudo menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI.

Keputusan itu diumumkan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sekaligus yang memimpin proses uji kelayakan tersebut. Uji kelayakan itu digelar di ruang rapat Komisi I DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Meutya mengetok palu tanda persetujuan.

(zap/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT